Sukses

Stop Rokok Agar Tulang Tidak Cepat Keropos

Merokok adalah candu yang tidak hanya membahayakan paru-paru, tetapi juga kesehatan tulang Anda!

KlikDokter.com - Salah satu cara untuk memperkuat jaringan tulang dan mencegah osteoporosis adalah dengan tidak merokok. Nikotin dan racun lainnya yang terdapat di dalam rokok dapat mempengaruhi kesehatan tulang dari berbagai aspek. Mengapa bisa demikian?

Merokok menghasilkan sejumlah besar radikal bebas – suatu molekul yang menyerang sel-sel pertahanan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan suatu reaksi kerusakan beruntun di dalam tubuh, termasuk berbagai sel, organ, hingga hormon yang terlibat dalam penjagaan kesehatan tulang.

Racun yang terdapat di dalam rokok dapat mengganggu keseimbangan hormon (estrogen), yang merupakan pembentuk jaringan tulang yang kuat. Merokok membuat hati menghasilkan lebih banyak enzim penghancur hormon, yang pada akhirnya bisa menyebabkan penipisan tulang.

Penelitian yang dilakukan Primal Kaur, MD, seorang spesialis osteoporosis dari Temple University, Philadelphia, mengatakan bahwa apabila seorang perokok mengalami patah tulang, maka proses penyembuhannya biasanya berlangsung lebih lambat karena gangguan aliran darah.

Selain kerusakan pada pembuluh darah, merokok juga dapat merusak saraf pada kaki dan ibu jari kaki, yang membuat seseorang lebih mudah jatuh dan mengalami patah tulang. Perokok memiliki risiko patah tulang dua kali lebih tinggi daripada bukan perokok. Dan perokok berat memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi lagi.

Berhenti merokok dapat mengurangi risiko patah tulang serta memperbaiki kepadatan tulang. Namun hal itu tetap membutuhkan waktu yang lama, terutama pada perokok berat.

Jadi, tunggu apalagi? Sayangi tulang Anda dan jauhi rokok mulai dari sekarang!

0 Komentar

Belum ada komentar