Tulang

Rajin Melompat Bikin Tulang Makin Kuat

dr. Dyah Novita Anggraini, 02 Okt 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Selain makan sehat, aktivitas fisik juga perlu dilakukan agar tulang Anda semakin kuat.

Rajin Melompat Bikin Tulang Makin Kuat

KlikDokter.com – Tulang yang kuat mutlak diperlukan agar seseorang dapat beraktivitas dengan normal. Untuk mencapainya, aktivitas fisik sangat penting untuk dilakukan, salah satunya adalah dengan melompat. 

Sebuah studi di Inggris menjelaskan bahwa melakukan lompatan selama dua menit dalam sehari dapat menambah kekuatan tulang pada pria berusia lanjut (65 tahun). Dampak dari lompatan ini dikatakan juga mampu mencegah efek dari kerusakan tulang yang berkaitan dengan usia. Namun menurut para peneliti, masih terlalu dini untuk merekomendasikan kegiatan melompat ini dilakukan di rumah untuk orang berusia lanjut. =

Para peneliti dari The Loughborough University menyebutkan bahwa riset lompat melompat ini dilakukan dalam skala kecil, yakni hanya melibatkan 34 orang yang usianya di atas 65 tahun. Berikut adalah metode yang dilakukan, selengkapnya di halaman selanjutnya:

Rajin Melompat Bikin Tulang Makin Kuat

Osteopor

Berikut adalah metode yang dilakukan:

  • Penelitian ini memilih metode lompatan dengan satu kaki, sehingga nantinya kepadatan tulang antara kedua kaki bisa dibandingkan.
  • Para peserta melakukan lompatan setiap hari selama satu tahun. Gerakan dilakukan dengan berbagai metode untuk memberikan tekanan dan regangan pada daerah pinggul.
  • Setelah itu, para peserta melakukan CT scan khusus tulang untuk melihat perbedaan kaki sebelum dan sesudah melakukan latihan lompatan ini.
  • Hasil yang didapat menunjukkan perbedaan yang signifikan. Kepadatan tulang di daerah pinggul pada kaki yang melakukan lompatan meningkat sebanyak 2.7%, dan terjadi peningkatan kepadatan tulang di beberapa tulang bagian tubuh lainnya sebanyak 12%.

Meski demikian, penelitian mengenai latihan lompat ini masih membutuhkan studi kasus lebih lanjut – apakah bisa dilakukan oleh wanita usia lanjut di rumah, dan apakah efeknya sama jika dilakukan oleh pria usia lanjut, terutama untuk mencegah terjadinya fraktur pada daerah pinggul. 

Tulang patahTulang KeroposTulang OsteoporosisPenanganan OsteoporosisPatah TulangOsteoporosis

Konsultasi Dokter Terkait