Sukses

Obat Ini Dapat Membuat Tulang Anda Lemah

Golongan obat apa saja yang memiliki efek buruk terhadap tulang? Simak selengkapnya di sini.

KlikDokter.com - Jika Anda mempunyai riwayat penyakit osteoporosis, cara untuk memelihara kekuatan tulang Anda selain rutin berolahraga dan menjaga asupan makanan adalah dengan mengetahui daftar obat yang ramah terhadap tulang atau obat yang memiliki efek buruk untuk kesehatan tulang. Berikut ini daftar golongan obat yang dapat berdampak negatif terhadap kekuatan tulang:

  1. Kortikosteroid.

Kortikosteroid seperti kortison atau prednisone dapat menghambat pembentukan tulang dan meningkatkan penyerapan tulang, di mana hal ini dapat membuat tulang mudah rapuh.

  1. Obat kanker.

Jika Anda menderita kanker payudara dan mendapatkan obat yang dapat mempengaruhi kekuatan tulang Anda, segera lakukan tes kepadatan tulang. Konsumsi makanan serta obat yang dapat memperkuat tulang juga sangat penting. Ini dikarenakan beberapa pasien kanker payudara diberikan obat yang dinamakan inhibitor aromatase, seperti anastrozole, exemestane, dan letrozole. Obat-obat tersebut dapat menurunkan kadar esterogen, sedangkan estrogen berperan dalam pertumbuhan tulang.

Berikut obat lainnya yang wajib dicermati sebagai pencetus osteoporosis:

1 dari 2 halaman

Obat Ini Dapat Membuat Tulang Anda Lemah

Osteopor

  1. Obat antidepresi.

Beberapa obat yang biasa untuk menangani gangguan depresi dapat mempengaruhi kekuatan tulang, apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Obat golongan tersebut adalah selective serotonin reuptake inhibitor (SSRIs), yang terdiri dari citalopram, fluoxetine, paroxetine, dan sertraline.

  1. Obat untuk penyakit GERD (Gastroesophageal reflux disease).

Obat yang biasa digunakan untuk menangani penyakit GERD, salah satunya adalah obat golongan proton pump inhibitor (PPI). Yang termasuk ke dalam obat ini antara lain esomeprazole, lansoprazole, dan omeprazole.

  1. Obat diabetes.

Terdapat penelitian yang menjelaskan bahwa efek dari beberapa obat diabetes dapat mempengaruhi kesehatan tulang. Yang sudah diketahui dampaknya adalah obat golongan thiazolidinediones seperti pioglitazone dan rosiglitazone. 

0 Komentar

Belum ada komentar