Diet dan Nutrisi

4 Jenis Lemak pada Makanan yang Harus Kamu Tahu

dr. Dyah Novita, 10 Feb 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tahukah kamu, ternyata ada berbagai jenis lemak yang terkandung pada makanan. Apa saja lemak pada makanan yang perlu diketahui? Simak di sini.

4 Jenis Lemak pada Makanan yang Harus Kamu Tahu

Kadar lemak tinggi bisa memicu gangguan kolesterol dalam tubuh. Namun, faktanya kolesterol tinggi tidak terlihat dan sering tidak bergejala, kecuali kamu melakukan pemeriksaan darah. 

Karena itu, asupan makanan harus tetap dikontrol dengan memiliki gaya hidup sehat, seperti berhenti merokok, mempertahankan berat badan ideal, olahraga teratur, dan diet rendah lemak. 

Sebenarnya, tidak semua lemak itu jahat dan berbahaya bagi tubuh, lho. Ada beberapa manfaat lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti berikut ini.

  • Membantu penyerapan vitamin 
  • Menjaga tubuh tetap hangat 
  • Melindungi organ tubuh 
  • Menyehatkan kulit dan rambut 

Supaya lebih paham, yuk kenali apa saja jenis lemak pada makanan berikut ini.

1. Lemak Jenuh (Saturated Fat)

Jenis-jenis lemak pada makanan yang pertama ialah lemak jenuh. Lemak ini terdapat pada kuning telur, jeroan, daging berlemak, otak sapi, keju, mentega, minyak kelapa, dan minyak sawit. 

Sebaiknya, jangan mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah banyak karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

2. Lemak Tak Jenuh Tunggal (Monounsaturated Fat) 

Jenis lemak dalam makanan selanjutnya adalah lemak tak jenuh dengan rantai tunggal. Lemak ini terdapat pada buah alpukat, minyak zaitun, minyak kanola, kacang almon, hazelnut, biji labu, dan biji wijen. 

Jika kadarnya sesuai, lemak tak jenuh dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kolesterol baik (HDL) tetap seimbang di dalam tubuh untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

3. Lemak Tak Jenuh Ganda (Polyunsaturated Fat)

Jenis lemak ini terdapat pada makanan seperti ikan dari laut dalam seperti tenggiri dan tuna yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 tinggi.

Selain ikan, lemak ini juga ditemukan pada minyak sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Berita baiknya, lemak jenis ini aman dikonsumsi karena dapat membantu menaikkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL. 

4. Lemak Trans 

Lemak trans adalah jenis lemak tidak sehat yang dapat meningkatkan kadar LDL di dalam tubuh. 

Lemak trans banyak ditemukan dalam makanan siap saji, makanan olahan, dan makanan beku, seperti kentang goreng, ayam goreng, pizza, mi instan, keripik, biskuit, hingga saus botolan. 

Jika dikonsumsi berlebihan, lemak trans dapat meningkatkan risiko terkena penyakit strok, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung

Artikel Lainnya: 3 Kondisi Mematikan Akibat Kolesterol Tinggi

Itulah penjelasan mengenai jenis lemak pada makanan. Kesimpulannya, lemak tetap diperlukan tubuh karena memberikan manfaat untuk kesehatan. Namun, pilihlah jenis lemak yang sehat, yaitu lemak tidak jenuh. 

#JagaSehatmu dengan cara membatasi asupan makanan lemak jenuh dan lemak trans. Idealnya, konsumsi makanan kita sehari-hari mengandung lemak di bawah 30 persen, karbohidrat 50-60 persen, dan protein 20 persen. 

Jika ingin berkonsultasi mengenai masalah kesehatan apa pun, yuk pakai layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.


Kolesterol AdalahCara Mengendalikan KolesterolKolesterol Tinggi BahayaKolesterol Tinggi

Konsultasi Dokter Terkait