Sukses

Kenali 3 Jenis Lemak dalam Makanan

Sangatlah penting bagi pengidap kolesterol tinggi untuk mengenali jenis-jenis lemak dalam makanan. Hal ini berguna agar Anda lebih cermat dalam memilih menu diet.

KlikDokter.com - Kolesterol yang tinggi memang tidak terlihat dan sering kali tidak bergejala, kecuali dengan melakukan pemeriksaan darah. Namun demikian kolesterol harus tetap dikontrol dengan memiliki gaya hidup yang sehat seperti: diet rendah lemak, berhenti merokok, berat badan yang seimbang, dan olah raga teratur.

Jika segala upaya yang telah dilakukan tetap tidak mencapai target LDL yang dicanangkan, maka obat dapat dijadikan sebagai alternatif lain. Mengontrol kolesterol bukan artinya tidak bisa makan enak, tetapi mengurangi atau menghindari makanan berlemak.

Di dalam makanan terdapat tiga macam lemak, yakni:

  • Saturated (Lemak jenuh)

Lemak ini terdapat di makanan seperti kuning telur, jeroan, dan otak sapi. Sebaiknya makanan seperti ini harus dihindari.

  • Monounsaturated (Lemak tidak jenuh dengan rantai tunggal)

Lemak ini terdapat di makanan seperti udang dan kepiting. Makanan ini termasuk boleh dikonsumsi dengan jumlah yang terbatas.

  • Polyunsaturated (Lemak tak jenuh ganda)

Lemak ini terdapat di makanan seperti ikan yang berasal dari laut dalam (tenggiri dan tuna). Makanan seperti ini hendaknya banyak dikonsumsi, karena dapat membantu menaikkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL.  

Idealnya, konsumsi makanan kita mengandung lemak dibawah 30%, karbohidrat 50%-60%, dan protein 20%. Usahakan jangan mengonsumsi makanan berkolesterol sampai lebih dari 300 mg setiap hari.

Anda dapat menerapkan cara ini untuk melakukan program diet dengan baik, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Kenali 3 Jenis Lemak dalam Makanan

Anda dapat menerapkan cara ini untuk melakukan program diet dengan baik:

  • Baca label makanan dan minuman yang Anda beli untuk menentukan pilihan yang terbaik.
  • Tidak meminum lebih dari 2 gelas minuman beralkohol dalam sehari.
  • Batasi porsi makan Anda.
  • Pilih produk-produk nonfat.
  • Kurangi penggunaan garam dalam makanan dan hindari makanan yang asin. Terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah Anda.
  • Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda sebelum memulai program diet. 

0 Komentar

Belum ada komentar