Sukses

Radang Sendi? Bukan Berarti Tidak Harus Olahraga!

Banyak yang mengatakan bahwa penderita radang sendi tidak perlu berolahraga. Padahal, aktivitas fisik sangat penting dilakukan agar tubuh tetap fit dan sehat.

H2 Health & Happiness

KlikDokter.com - Olahraga merupakan kegiatan yang baik hampir untuk semua orang. Bagi penderita radang sendi, olahraga terkadang dihindari karena dianggap dapat memperberat kerusakan sendi. Namun sebenarnya penderita radang sendi sering mendapat anjuran untuk tetap berolahraga, terutama bila radang sendinya sudah terkontrol.

Ketika tiba saatnya melakukan olahraga, rasa lelah, nyeri, dan persendian yang kaku mungkin menyulitkan Anda. Namun jika tidak berolahraga, sendi dapat menjadi semakin kaku dan nyeri. Anda tidak perlu khawatir karena gejala-gejala tersebut dapat berkurang dengan latihan fisik yang rutin.

Latihan fisik untuk penderita radang sendi memberikan banyak manfaat antara lain menjaga vitalitas tubuh, mencegah kekakuan sendi, serta menjaga otot dan tulang di sekitar sendi tetap kuat. Evaluasi pengaruh latihan fisik berupa latihan kekuatan (strength training), latihan keseimbangan, dan olahraga air yang dilakukan oleh penderita radang sendi juga menunjukkan perbaikan fungsi sendi dan penurunan rasa nyeri.

Secara umum, latihan fisik untuk penderita radang sendi difokuskan untuk:

  • Memperkuat otot di sekitar sendi.
  • Meregangkan otot tubuh.
  • Meningkatkan rentang gerak daerah persendian.
  • Memperbaiki keseimbangan tubuh.
  • Mengontrol berat badan.

Lalu bagaimana memulainya? Penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya.

0 Komentar

Belum ada komentar