HomeInfo SehatOtot dan SendiRedakan Radang Sendi dengan Aerobik
Otot dan Sendi

Redakan Radang Sendi dengan Aerobik

dr. Citra Roseno, 02 Okt 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada banyak jenis olahraga yang sangat bermanfaat untuk penderita radang sendi. Salah satunya adalah aerobik.

Redakan Radang Sendi dengan Aerobik

H2 Health & Happiness

KlikDokter.com - Berjalan kaki pada pagi hari, terutama jika disertai udara yang segar, amatlah baik untuk kesehatan jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya. Bagi penderita radang sendi, rutinitas berjalan kaki dapat membantu mengurangi nyeri pada sendi. Selain berjalan kaki, masih banyak jenis olahraga lain yang sangat bermanfaat untuk penderita radang sendi. Berikut di antaranya:

1. Latihan aerobik.

Aktivitas ini melibatkan kelompok otot besar tubuh, dengan cara repetitif dan berirama. Latihan aerobik memperbaiki fungsi jantung, paru-paru, otot, serta sirkulasi darah. Khusus untuk penderita radang sendi, latihan ini membantu kontrol berat badan, perbaikan mood, kualitas tidur, dan vitalitas tubuh.

Latihan aerobik yang dapat dilakukan penderita radang sendi adalah latihan yang bersifat low impact, antara lain:

  • Berjalan kaki, di luar maupun di dalam ruangan dengan treadmill.
  • Bersepeda, di luar maupun di dalam ruangan dengan sepeda statis.
  • Dansa aerobik.
  • Olahraga air, seperti berenang atau hidroterapi.

Rekomendasi waktu latihan aerobik adalah sekitar 150 menit sehari (waktu total dalam seminggu, dapat dibagi dalam beberapa periode waktu atau hari), dengan intensitas sedang, setiap minggunya.

2. Latihan kekuatan.

Aktivitas ini ditujukan untuk meningkatkan kekuatan otot. Semakin kuat otot yang berada di sekitar persendian, semakin kuat pula topangan terhadap sendi, sehingga beban yang disangga oleh sendi dapat berkurang. Akibatnya peradangan sendi dan nyeri ikut berkurang, begitu pula dengan kebutuhan akan obat-obatan antinyeri dan antiradang.

Pada latihan ini, otot dilatih untuk melawan beban atau tahanan tertentu, tanpa meningkatkan rasa nyeri pada sendi. Contohnya:

  • Gerakan yang melawan gaya gravitasi.
  • Gerakan anggota tubuh di dalam air.
  • Mendorong atau menarik beban.

Rekomendasi waktu latihan kekuatan adalah 1 set yang terdiri dari 8-10 gerakan untuk kelompok otot terkait, sebanyak 2-3 kali seminggu. Pada individu yang berusia lebih tua, beban yang digunakan dalam latihan dapat dikurangi.

Berikut latihan lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi radang sendi. Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Konsultasi Dokter Terkait