Sukses

Atasi Kulit Kering dengan Makanan Ini

Banyak orang yang menginginkan cara alami agar kulit tetap lembap dan sehat. Salah satunya adalah dengan memperbaiki nutrisi untuk tubuh.

KlikDokter.com - Kulit menjadi kering ketika tidak mampu mempertahankan kelembapan yang cukup. Hal ini dapat terjadi akibat proses penuaan, terlalu sering mandi, penggunaan sabun yang tidak tepat, iklim yang dingin, atau akibat adanya masalah medis tertentu.

Agar kulit yang kering senantiasa lembap dan bebas masalah, tidak cukup hanya dengan menggunakan produk kecantikan atau mengubah pola hidup. Banyak orang yang menginginkan cara alami agar kesehatan kulit tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan memperbaiki nutrisi untuk tubuh sehingga sel kulit dapat memperbaiki diri, mempertahankan kelembapannya, serta membentengi diri dari berbagai masalah.

Langkah berikut dapat Anda lakukan sehari-hari agar kulit tetap lembap dan bebas masalah:

1. Minum air.

Air mudah ditemukan di sekitar Anda. Agar tubuh tetap sehat, konsumsi air yang disarankan adalah sekitar 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita. Sisa metabolisme sel kulit akan lebih mudah keluar bila konsumsi air mencukupi.  Selain itu kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak segar, berkilau, dan lembap.

2. Konsumsi buah dan sayuran segar.

Sama seperti air, buah dan sayuran selalu termasuk dalam daftar asupan yang wajib dikonsumsi agar kulit tetap sehat. Berbagai jenis buah dan sayuran segar, mengandung vitamin dan mineral yang baik terutama untuk kulit kering.

Vitamin A mampu menjaga kelembutan dan kilau kulit. Kandungan vitamin A seperti retinoid banyak digunakan dalam produk kecantikan. Secara alami, Anda dapat memperoleh vitamin A pada telur, susu dan keju rendah lemak, sayuran berdaun hijau, jeruk, wortel, serta buah-buahan tropis yang mudah didapat di Indonesia.

Berikut makanan lainnya yang dapat mengatasi kulit kering, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Atasi Kulit Kering dengan Makanan Ini

3. Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial.

Asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 dapat menjaga keseimbangan kadar minyak alami kulit, sehingga kulit selalu lembap dan tidak kering. Asam lemak ini mudah ditemukan pada minyak canola (bunga matahari), minyak zaitun, salmon, tuna, minyak ikan, dan golongan biji-bijian.

4. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Antioksidan membantu sel kulit mengatasi kerusakan akibat radikal bebas dan pengaruh lingkungan luar. Dalam bentuk makanan, antioksidan dapat ditemukan pada buah yang juga kaya akan vitamin seperti pepaya, jeruk, lemon, ceri, zaitun; sayur berdaun hijau terutama bayam; rempah-rempah seperti merica; gandum dan biji-bijian; hingga dalam protein seperti ikan dan daging sapi.

Sertakan makanan dan minuman di atas dalam menu sehari-hari, serta selalu gunakan pelindung seperti tabir surya agar kelembapan kulit terjaga dan bebas masalah.

0 Komentar

Belum ada komentar