Sukses

Menelusuri Aspek Genetika dari Diabetes

Seberapa besarkah faktor keturunan mempengaruhi penyakit diabetes? Baca penjelasan lengkapnya di sini.

KlikDokter.com – Penyakit diabetes tidak diwariskan dalam pola yang sederhana. Bahkan faktor gen saja tidak cukup. Salah satu bukti dari hal ini adalah kembar identik. Kembar identik memiliki gen yang identik, namun ketika salah satunya memiliki diabetes tipe 1, anak yang lain belum tentu memiliki kondisi serupa. Berikut adalah aspek genetika dari diabetes tipe 1 maupun tipe 2 yang penting untuk diketahui:

Diabetes Tipe 1

Dalam kebanyakan kasus diabetes tipe 1, seseorang bisa mewarisi faktor risiko dari kedua orangtuanya. Pada beberapa penelitian ilmiah, hal tersebut lebih sering terjadi pada orang kulit putih. Salah satu pemicu mungkin terkait dengan cuaca dingin. Diabetes tipe 1 memang berkembang lebih sering pada musim dingin ketimbang musim panas.

Walaupun hampir 80% penderita diabetes tipe 1 tidak mempunyai riwayat keluarga dengan penyakit serupa, namun faktor genetik diakui berperan dalam patogenesis diabetes tipe 1.

Lalu apa yang harus dilakukan jika ada anggota keluarga yang mengalami diabetes tipe 2? Penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Menelusuri Aspek Genetika dari Diabetes

Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 memiliki kaitan yang erat dengan sejarah keluarga dan keturunan dibandingkan dengan diabetes tipe 1, meskipun lebih tergantung pada faktor lingkungan. Karena itu, gaya hidup juga mempengaruhi perkembangan diabetes tipe 2.

Jika Anda memiliki riwayat keluarga diabetes tipe 2, mungkin sulit untuk mengetahui apakah diabetes Anda dikarenakan faktor gaya hidup atau kerentanan genetik. Kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena keduanya. Namun, jangan berkecil hati. Studi menunjukkan bahwa Anda dapat mencegah diabetes tipe 2 dengan berolahraga dan menurunkan berat badan.

0 Komentar

Belum ada komentar