Sukses

Hal yang Dilakukan Ketika Keluarga Ada yang Mengalami Diabetes

Dukungan keluarga sangatlah penting untuk pengidap diabetes. Mereka akan lebih positif untuk mempelajari penyakitnya, serta termotivasi untuk meningkatkan kualitas hidup.

KlikDokter.com – Keluarga mempunyai pengaruh kepada sikap dan kebutuhan belajar bagi pasien diabetes. Mereka akan memiliki sikap lebih positif untuk mempelajari penyakitnya, apabila keluarga memberikan dukungan dan berpartisipasi dalam pendidikan kesehatan.

Sebaliknya pasien diabates akan bersikap negatif apabila kekurangan dukungan dari keluarga selama menjalani pengobatan. Sikap negatif terhadap penyakit dan pengobatan akan mengakibatkan kegagalan penatalaksaan diabetes, sehingga mempengaruhi kualitas hidup dan kemampuan sosial pasien.

Mengingat terapi dan perawatan diabetes memerlukan waktu yang panjang tentunya bisa menimbulkan kebosanan dan kejenuhan pada pasien diabetes. Oleh karena itu, selain memperhatikan masalah fisik maka perlu juga diperhatian faktor psikologis pasien dalam penyelesaian masalah diabetes.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendukung keluarga Anda yang mengidap diabetes, selengkapnya pada halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Hal yang Dilakukan Ketika Keluarga Ada yang Mengalami Diabetes

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendukung keluarga Anda yang mengidap diabetes, yakni:

  • Ingatkan mereka untuk mengecek kadar gula darah tepat waktu.
  • Bantu mereka untuk membuat janji dengan dokter.
  • Tawarkan diri untuk menyimpan medical record, apalagi jika mereka sering lupa.
  • Dukung mereka untuk menyiapkan menu sehat harian.
  • Belajar mengenai gejala gula darah rendah dan gula darah tinggi.

0 Komentar

Belum ada komentar