Diabetes

Cegah Prediabetes Sebelum Terlambat

dr. Muhammad Anwar Irzan, 02 Okt 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penderita prediabetes pada perjalanannya bisa menjadi diabetes bila gaya hidupnya tidak sehat

Cegah Prediabetes Sebelum Terlambat

KlikDokter.com – Prediabetes adalah suatu kondisi di mana kadar gula darah terlalu tinggi untuk dianggap normal, tetapi tidak cukup tinggi untuk dilabelkan sebagai diabetes. Anda dikatakan sebagai prediabetes jika kadar gula darah puasa adalah antara 101 mg / dL dan 125 mg / dL, atau jika tingkat gula darah 2 jam setelah tes toleransi glukosa adalah antara 140 mg / dL dan 200 mg / dL.

Namun, janganlah keburu resah atau takut. Anda masih dapat mencegah diabetes apabila Anda melakukan perubahan gaya hidup, yakni dengan:

  1. Melakukan olahraga

Jangan pernah melewatkan olahraga, karena bergerak lebih aktif dapat menurunkan level glukosa darah serta menurunkan lemak tubuh. Apabila Anda belum terbiasa, Anda bisa mulai memasukkan aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian, seperti naik tangga ketimbang lift, stretching di tengah pekerjaan, dll. Secara ideal, Anda harus berolahraga minimal 30 menit per hari selama 5 hari dalam 1 minggu.  

  1. Menurunkan berat badan

Dalam sebuah studi, penderita prediabetes yang kehilangan 5%-7% berat badannya, akan menurunkan risiko terkena diabetes sebesar 58%.

Berikut kiat pencegahan lainnya yang perlu Anda ketahui, selengkapnya pada halaman selanjutnya:

Cegah Prediabetes Sebelum Terlambat

  1. Memeriksakan diri ke dokter

Pantau kesehatan Anda setiap 3 hingga 6 bulan. Ini sangatlah penting karena apabila kesehatan Anda tidak kunjung membaik, Anda masih bisa ditangani dengan lebih dini.  

  1. Mengonsumsi makan sehat

Perbanyak sayuran dalam menu, terutama sayuran yang tidak mengandung zat tepung seperti bayam, brokoli, wortel, dan kacang hijau. Konsumsi setidaknya 1 sampai 3 porsi per hari. Jika ingin makan nasi, pilihlah beras merah ketimbang beras putih.

  1. Menjadikan tidur sebagai prioritas

Kurang tidur bisa menjadi salah satu penyebab berat badan Anda semakin naik. Tubuh pun akan lebih sulit untuk menggunakan insulin secara efektif. Latih diri Anda tidur dan bangun di saat yang sama setiap hari. Hindari menonton televisi atau menggunakan alat elektronik sebelum tidur. Jangan minum kopi setelah makan siang. 

Kencing ManisObat diabetesgula darahDiabetesPenanganan DiabetesIndeks Glikemik Makanan

Konsultasi Dokter Terkait