Sukses

Cegah Hipoglikemia Kambuh pada Malam Hari

Hipoglikemia atau rendahnya kadar gula dalam darah dapat terjadi pada malam hari. Bagaimana cara mencegahnya?

KlikDokter.com – Pada diabetes tipe 1 sering kali terjadi hipoglikemia pada malam hari yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti umur yang lebih muda, dosis insulin yang berlebihan, dan regimen insulin yang dipakai.

Untuk mencegah hipoglikemia pada malam hari maka kadar gula tengah malam diusahakan sekitar 120-180 mg/dL (7-10 mmol/L). Makanan yang sebaiknya dikonsumsi pada malam hari adalah karbohidrat yang lambat dicerna seperti susu, roti gandum, pisang, apel dan protein. Pasien diabetes juga harus membawa permen atau tablet glukosa yang siap dimakan sewaktu-waktu bila terjadi hipoglikemia.

Berikut ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hipoglikemia:

  1. Menggunakan regimen insulin sefisiologis mungkin, sesuai dengan pola kehidupan pasien. Jadi, sesuaikan dosis insulin berdasarkan pola makan dan jenis kegiatan (olahraga).
  2. Memberikan edukasi tentang teknik penyuntikan insulin.
  3. Mengetahui masa kerja insulin. Hal ini menentukan interval waktu antara penyuntikan dan makan.
  4. Memonitor kadar glukosa sendiri, termasuk kadar glukosa darah malam hari.
  5. Menyesuaikan dosis insulin berdasarkan profil glukosa darah, bukan berdasarkan kadar glukosa darah sesaat.
  6. Usahakan kadar gula darah mendekati normal dengan fluktuasi seminimal mungkin untuk memberikan kesempatan supaya hormon kontra-insulin dapat bekerja dengan baik.
  7. Memberikan edukasi kepada pasien dan orang di sekitarnya untuk waspada terhadap gejala dan tanda hipoglikemia.
  8. Memberikan informasi mengenai pengaruh liburan dan olahraga pada pasien.
  9. Memberikan dukungan psikologis untuk meningkatkan rasa percaya diri pasien.

Selain cara-cara di atas, menerapkan Gerakan 3J (Jumlah, Jenis, dan Jadwal) dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu mengelola diabetes Anda. Gerakan tersebut berkaitan erat dengan pola makan untuk menjaga kadar gula darah agar jauh dari risiko diabetes atau tetap hidup sehat walaupun sudah menderita diabetes.

Gerakan 3J sangat mudah untuk dilakukan, yakni dengan menghitung Jumlah kalori ideal yang harus dikonsumsi oleh tubuh, hal ini berkaitan dengan tinggi badan serta aktivitas fisik yang biasa dilakukan. “J” yang kedua adalah memperhatikan Jenis makanan yang dikonsumsi. Komposisi gizi yang seimbang akan menunjang pola makan yang sehat. Jenis makan sehat yang ideal adalah makanan yang mengandung 45-65% karbohidrat, 10-20% protein, lemak 20-25% serta vitamin dan mineral. Yang terakhir adalah mengatur Jadwal makan dalam sehari. Jadwal makan yang ideal adalah tiga kali makan besar diselingi dengan tiga kali makan kecil termasuk sarapan pagi.

Kini Diabetasol hadir untuk melengkapi pola makan 3J yang diformulasikan secara khusus untuk membantu menjaga kadar gula darah Anda. Satu gelas Diabetasol mengandung 260 kkal yang setara dengan Jumlah kalori sarapan pagi atau selingan malam untuk membantu mengatur Jadwal makanan Anda. Diabetasol juga diformulasikan khusus dengan nutrisi seimbang yang dapat memenuhi Jenis nutrisi diabetes setiap hari.(ADV)

0 Komentar

Belum ada komentar