Sukses

Kebiasaan Penyebab Tulang Keropos

Anda sering minum bir? Atau jarang olahraga? Hati-hati tulang keropos di usia tua. Berikut daftar kebiasaan-kebiasasan yang sepele sering kita lakukan ternyata menyebabkan tulang keropos.

KlikDokter.com - Langkah pertama dalam mencegah osteoporosis adalah menentukan apakah kita berisiko untuk terkena osteoporosis atau tidak? Karakteristik fisik yang berbeda tiap individu dan kebiasaan pola hidup yang berbeda pula dapat turut berkontribusi untuk terjadinya osteoporosis.

Faktor risiko yang dapat menyebabkan osteoporosis terbagi 2 faktor risiko yang dapat diubah dan tidak dapat diubah.

Untuk faktor risiko yang tidak dapat diubah, yaitu:

  • Usia. Semakin tua usia anda, maka akan semakin besar risiko terjadinya osteoporosis
  • Jenis Kelamin. Perempuan lebih berisiko terkena osteoporosis daripada pria
  • Riwayat Keluarga. Jika anda memiliki riwayat keluarga terkena osteoporosis, maka Anda pun berisiko tinggi untuk terkena osteoporosis ini
  • Ras. Risiko osteoporosis terjadi pada ras kaukasia dan asia.
  • Body Frame SIze. Pria dan wanita yang memiliki frame tubuh kecil cenderung memiliki risiko lebih tinggi karena mereka memiliki massa tulang yang kurang dari bertambahnya usia mereka.

Sedangakan faktor risiko yang dapat diubah biasanya karena faktor kebiasaan gaya hidup , selengkapnya pada halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Kebiasaan Penyebab Tulang Keropos

Osteopor

Sedangakan faktor risiko yang dapat diubah biasanya karena faktor kebiasaan gaya hidup, yaitu:

  • Kurangnya asupan Kalsium dan Vitamin D

Tanpa kalsium, Anda tidak akan bisa membangun kembali tulang baru selama proses remodeling tulang berjalan. Tulang merupakan reservoir untuk dua mineral utama yaitu kalsium dan fosfor. Anda memerlukan kalsium yang cukup setiap harinya karena organ seperti jantung, saraf, dan otot bergantung dengan kalsium. Pada saat organ-organ ini membutuhkan kalsium dan di tubuh anda kekurangan kalsium, maka kalsium ini akan diambil dari gudang mineral pada tulang Anda, dan jika ini dibiarkan terus menurus maka tulang anda akan rapuh.

Asupan kalsium yang cukup sejak dini dapat membantu memperkuat massa tulang dan mengurangi tingkat kehilangan massa tulang di masa yang akan datang. Selain kalsium vitamin D juga berperan dalam kelangsungan metabolisme kalsium itu sendiri. Beruntunglah kita berada di negara tropis yang mana matahari dapat sering kita jumpai sehari-hari yang membentuk vitamin D dalam tubuh kita.

Jumlah kalsium yang dikonsumsi hendaknya tidak melebihi batas maksimalnya. Untuk dewasa baik pria maupun wanita  (19-50 tahun) kebutuhan kalsium per hari 1000 mg dan maksimal 2500 mg.

  • Kurangnya atau tidak melakukan aktivitas fisik / berolahraga

Tulang dan otot fungsinya akan melemah jika tidak digunakan. Pentingnya berolahraga akan membuat tulang, sendi dan otot-otot kita menjadi kuat dan sehat dan tentunya dengan olahraga rutin dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Olahraga yang dianjurkan seperti berjalan kaki, berlari, senam aerobic dan angkat beban. Olahragalah secara teratur minimal 3x dalam seminggu selama 30 menit.

  • Banyak mengonsumsi steroid

Penggunaan jangka panjang obat kortikosteroid oral atau disuntikkan, seperti prednisone, glukokortikoid, hidrokortison dan kortisone dapat mengganggu proses pembangunan tulang kembali dan meningkatkan risiko terjadinya patah tulang.

  • Konsumsi Alkohol Berlebih

Alkohol dapat menahan remodeling tulang dan meningkatkan kehilangan kalsium Anda. Jika Anda meminum alkohol dalam jumlah banyak hingga mabuk, maka akan meningkatkan risiko jatuh sehingga memudahkan terjadinya patah tulang.

  • Merokok

Zat yang dikandung rokok sangat menganggu kestabilan tubuh mulai dari efek toksik langsung nikotin pada sel-sel tulang yaitu menghalangi kemampuan tubuh untuk menggunakan estrogen, kalsium, dan vitamin.

Saat hormon estrogen berkurang, maka resiko terjadinya osteoporosis akan semakin besar. Perokok juga menderita kepadatan tulang yang lebih rendah dan risiko yang lebih tinggi fraktur/patah tulang dibandingkan non-perokok.

Menjaga kesehatan tulang Anda dan mencegah terjadinya osteoporosis ini sebagian besar ada dalam kendali Anda. Banyak penyebab osteoporosis adalah faktor gaya hidup yang dapat Anda ubah. Ubahlah pola hidup anda saat ini menjadi lebih sehat dengan menghindari atau menajauhi kebiasan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan osteoporosis.

0 Komentar

Belum ada komentar