Sukses

Kenapa Kita Harus Mandi Pakai Sabun?

Dewasa ini, mandi pakai sabun sudah menjadi kewajiban rutin. Selain memberikan keyakinan rasa sensasi bersih, sebetulnya ada hal lainnya yang perlu Anda ketahui soal alasan kenapa kita harus mandi pakai sabun. Berikut penjelasannya.

KlikDokter.com – Kulit adalah bagian terluar tubuh yang melindungi bagian dalam tubuh dari panas, dingin, gangguan kuman, dan berbagai ancaman dari dunia luar lainnya. Hal ini membuat berbagai kotoran dan kuman menempel pada kulit.Untuk itu, kulit tubuh harus senantiasa dibersihkan dengan seksama.

Membersihkan kulit merupakan suatu aktivitas yang telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Telah disadari sejak dahulu bahwa dengan menjaga kebersihan kulit maka kulit akan terhindar dari masalah dan penyakit. Salah satu penemuan manusia yang terbesar dalam menjaga kebersihan kulit adalah sabun. Sabun pertama kali ditemukan dalam sejarah pada tahun 2000 SM. Pada tahun 130-200, sejarah mencatat bahwa manusia kemudian menemukan fungsi penting sabun sebagai bahan utama pembersih kulit. Sejak itu, manusia terus mengembangkan sabun sebagai pembersih kulit yang dapat memberikan keuntungan maksimal dan efek samping minimal.

Mengapa mandi dengan air saja tidak cukup? Jawaban selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Kenapa Kita Harus Mandi Pakai Sabun?

Lifebuoy Clini Shield

Mengapa Mandi dengan Air Saja Tidak Cukup?

Kotoran lingkungan dan bahan-bahan yang dioleskan pada kulit seperti pelembab kulit atau parfum seringkali tidak dapat dibersihkan dari kulit hanya dengan menggunakan air biasa. Membersihkan kulit hanya dengan air biasa hanya akan membersihkan kulit dari kotoran yang larut dalam air. Namun, kebanyakan kotoran kulit dan produk yang dipakai di kulit bersifat larut lemak dan tidak larut air. Untuk itu, dibutuhkan bahan pencuci yang dapat membuat bahan-bahan tidak larut air ini menjadi larut air dan dapat dibersihkan dari kulit dengan basuhan air.

Untuk itulah kita memerlukan sabun untuk membersihkan kulit. Sabun mengandung bahan aktif yang dapat membersihkan kulit dari kotoran, minyak, produk kosmetik, mikroorganisme, dan sel-sel kulit mati. Pembersih kulit yang ideal harus dapat melakukan seluruh fungsi di atas tanpa menyebabkan kerusakan atau menimbulkan iritasi pada kulit.

Untuk itu, kita perlu cermat dalam menjaga kebersihan kulit. Mandilah dengan teratur menggunakan sabun. Terlebih lagi, dengan aktivitas yang tinggi, pastikanlah sabun yang Anda gunakan dapat membantu membersihkan kulit dari berbagai kotoran dan kuman dengan optimal sehingga kulit terhindar dari berbagai masalah dan penyakit.

0 Komentar

Belum ada komentar