Sukses

Inilah Akibatnya Jika Tidak Mandi!

Bukan sekadar bau badan dan daki menimbun, tapi dampak kesehatan tubuh lainnya yang merugikan dapat terjadi. Berikut penjelasan selengkapnya bersama dr. Jessica Florencia

KlikDokter.com - Bagi kita yang tinggal di daerah khatulistiwa, mandi merupakan kegiatan yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, udara yang panas dengan kelembapan yang tinggi dapat membuat tubuh cepat berkeringat. Selain itu kotoran dan kuman dari lingkungan dapat menempel dengan lebih mudah. Kulit menjadi kotor dan lengket!

Sayangnya, seringkali banyak orang tidak menyadari pentingnya kegiatan mandi sehingga malas untuk mandi.

Apa yang dapat terjadi jika kita tidak mandi?

  1. Kulit Lengket dan Kotor

Tidak mandi dapat menyebabkan kulit yang lengket dan kotor menjadi semakin kotor dan lembap. Cuaca yang panas membuat kita mudah berkeringat. Kulit yang berkeringat akan membuat kotoran dan kuman lebih mudah untuk menempel. Partikel asap kendaraan bermotor atau debu dapat dengan mudah menempel di kulit, terutama bagi kita yang banyak beraktivitas di udara terbuka. Kuman-kuman juga lebih mudah berkembang biak pada suasana kulit yang lengket dan lembap karena keringat.

Berikut dampak lainnya pada tubuh kita jika kita tidak mandi. Selengkapnya di halaman berikut.

1 dari 2 halaman

Inilah Akibatnya Jika Tidak Mandi!

Lifebuoy Clini Shield

  1. Infeksi Kulit

Bila tidak mandi secara teratur, maka kulit Anda dibiarkan kotor dan lengket dalam jangka waktu yang cukup lama. Tanpa disadari, hal ini dapat mengakibatkan iritasi dan meningkatkan risiko terjadinya kerusakan lapisan kulit. Kondisi tersebut meningkatkan kemungkinan infeksi oleh kuman, yaitu bakteri, virus, maupun jamur.

  1. Bau Badan

Di samping itu, tidak mandi juga menyebabkan satu gangguan penting lainnya yang dapat mempengaruhi kehidupan sosial dan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Tidak mandi dapat menyebabkan bau badan menjadi semakin menjadi-jadi. Penumpukan keringat dan kuman di tubuh yang tidak dibersihkan menyebabkan tubuh mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Bau badan ini bukan hanya mengganggu diri sendiri namun juga orang lain. Tentu kita tidak mau menebar aroma tidak sedap ke orang-orang di sekitar kita, bukan?

Oleh karena itu, mandilah secara teratur demi menjaga kesehatan kulit dan menjaga rasa percaya diri Anda. Gunakanlah sabun pembersih yang dapat menghilangkan kuman berlebihan dan menjaga tubuh Anda sehat, segar, dan harum.

0 Komentar

Belum ada komentar