Sukses

Inilah Kuman-Kuman di Tubuh Kita!

Tahukah Anda bahwa permukaan tubuh kita yang tampak dari luar bersih sebenarnya diliputi oleh berbagai organism mikro kasat mata? Masih tidak percaya? Berikut faktanya dari dr. Jessica Florencia di sini.

KlikDokter.com - Begitu juga dengan bagian dalam tubuh kita. Jumlahnya? Jutaan! Diperkirakan bahwa di dalam tubuh kita, luar dan dalam, terdapat sekitar 100.000.000 kuman yang hidup! Bahkan jika kita mengumpulkan seluruh kuman tersebut dan mengukur beratnya, maka keseluruhan kuman di tubuh kita dapat mencapai berat 2,3 kg.

Dunia medis mengenal kuman-kuman ini sebagai organisme mikro yang baik untuk tubuh atau merupakan flora normal. Selain dari flora normal, di sekitar tubuh kita, juga terdapat kuman-kuman yang dapat menyebabkan tubuh menjadi sakit. Kuman-kuman yang dapat menyebabkan tubuh menjadi sakit disebut dengan kuman patogen.

Flora normal tidak berbahaya bagi tubuh kita. Malahan, kuman-kuman ini membantu melindungi tubuh dari Serangan kuman-kuman patogen. Populasi flora normal ini padat dan beragam, dengan fungsinya masing-masing.

Terdapat 2 peran penting flora normal di tubuh kita:

  1. Menjadi ‘KAWAN’

Dalam jumlah yang tepat, flora normal dapat melindungi tubuh dari serangan kuman patogen.

Inilah Kuman-Kuman di Tubuh Kita!

Gambar 1.Flora Normal dapat melindungi tubuh dari Serangan kuman patogen.

Sumber: Medical Microbiology, 4th Edition.

Tapi di lain sisi peran flora normal di tubuh kita bisa menjadi lawan. Halaman berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Inilah Kuman-Kuman di Tubuh Kita!

Lifebuoy Clini Shield

  1. Menjadi ‘LAWAN’

Dalam jumlah yang tidak tepat dan berlebihan, flora normal juga dapat menyebabkan penyakit, misalnya pada kulit yang kotor, flora normal yang tidak berbahaya, dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan penyakit kulit.

Untuk itu kita perlu menjaga keseimbangannya dengan baik. Dengan menjaga keseimbangan flora normal di tubuh kita, maka flora normal dapat menjadi ‘kawan’ setia kita. Menjaga keseimbangan flora normal di tubuh dapat dilakukan dengan mandi yang rutin tapi tidak berlebihan, dengan menggunakan sabun anti bakteri. Sabun anti bakteri juga akan membantu membersihkan kuman-kuman pathogen dari kulit agar tidak tinggal di kulit dan berkembang biak berlebihan. Menjaga kebersihan kulit dengan TEPAT ternyata memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada sekedar membuat tubuh menjadi rapi dan wangi. Maka, mandilah dengan tepat!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar