Sukses

Inilah Beberapa Tempat Paling Penuh Kuman di Sekolah

Pada prinsipnya kuman memang tidak terelakkan, Namun, informasikan hal ini ke buah hati Anda, agar lebih mewaspadai beberapa tempat berikut ini.

KlikDokter.com - Kuman penyakit dapat beredar di sekitar kita, begitu pula di sekolah, lewat bermacam-macam jalur. Pada penyakit infeksi saluran pernapasan, kuman terutama beredar saat penderita batuk dan bersin sehingga droplet air liur yang mengandung kuman tersebar ke udara sekitar. Selain lewat udara, kuman penyakit infeksi saluran napas juga menyebar lewat permukaan-permukaan benda.

Untuk penyakit infeksi saluran cerna, kuman terutama beredar lewat tangan yang terkontaminasi kuman yang tidak sengaja tersentuh oleh tangan. Kuman tersebut bisa didapat sat seseorang menyentuh pegangan pintu, permukaan meja, maupun benda-benda lain yang sebelumnya tertempel kuman yang berasal dari partikel bagian kecil kotoran penderita sebelumnya.

Tentunya, ancaman ini semakin diperparah jika anak-anak tidak terbiasa dengan kebiasaan mencuci tangan.

Bagaimana dengan di sekolah? Halaman berikut penjelasan selengkapnya:

1 dari 2 halaman

Inilah Beberapa Tempat Paling Penuh Kuman di Sekolah

Lifebuoy Clini Shield

Berikut adalah area-area yang paling banyak mengandung kuman di sekolah:

  1. Nampan Makanan di Kafetaria

Mengingat nampan makanan digunakan oleh banyak orang secara berulang-ulang, dan jarang sekali dibersihkan, maka tidak heran nampan makanan ini menjadi salah satu tempat paling berkuman di sekolah. Disebutkan bahwa jumlah kumannya mencapai 33.800 bakteri dalam tiap 1 cm2.

  1. Pegangan Kran Air

Dalam penelitian yang sama, disebutkan bahwa pegangan kran air di kafetaria sekolah dapat mengandung hingga 32.000 bakteri dalam 1 cm2.

  1. Piring kafetaria

Masih seputar area dan benda di kafetaria, piring yang ada disana ternyata mengandung jumlah kuman yang cukup banyak. Dari penelitian yang dirujuk, piring kafetaria sekolah dapat mengandung hingga 15.800 bakteri per 1 cm2.

  1. Keyboard Komputer

Keyboard komputer mungkin saja telah digunakan oleh banyak anak, dan bisa saja mengandung remah-remah makanan di sela-sela tuts-nya. Oleh sebab itu kandungan kumannya termasuk yang cukup banyak, yaitu 3.300 kuman per 1 cm2.

  1. Dudukan Toilet

Kemungkinan toilet diperkirakan sebagai tempat paling berkuman di sekolah. Meskipun ternyata tidak menempati urutan teratas, tetap saja dudukan toilet sekolah mengandung banyak kuman yaitu sebesar 3.200 bakteri per 1 cm2. Kemungkinan karena toilet sekolah mengalami pembersihan yang lebih rutin dibandingkan nampan makanan di kafetaria.

Demikianlah beberapa tempat yang pernah diteliti sebagai yang paling banyak mengandung kuman di area sekolah. Tentunya, hasil tersebut bervariasi untuk setiap penelitian, namun demikian dapatlah kita gunakan sebagai data untuk pencegahan kesehatan anak kita

Banyaknya area dan benda-benda disekolah mengandung kuman, dan sangat mungkin disentuh oleh anak mengingatkan kembali akan pentingnya praktik cuci tangan bagi anak selama bersekolah. Cuci tangan dengan sabun adalah cara paling sederhana namun sangat efektif dalam mengurangi risiko penyakit infeksi akibat kuman, dengan begitu memastikan anak terlindungi kesehatannya dan mampu menerima pelajaran dengan optimal selama bersekolah.

0 Komentar

Belum ada komentar