Sukses

Nutrisi untuk Memperkuat Gigi Si Kecil

Perhatikan kecukupan nutrisi untuk kesehatan gigi dan gusi Si Kecil.

KlikDokter.com - Kesehatan gigi dan gusi Si Kecil sangat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang ia konsumsi. Ada jenis makanan dan minuman yang dapat memperkuat gigi dan gusinya. Namun sebaliknya, ada pula yang malah dapat meningkatkan risiko gigi berlubang. Oleh karena itu, perhatikanlah makanan minuman yang ia konsumsi agar kesehatan gigi dan gusinya selalu terjaga.

Hindari Makanan Ini

Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula dapat merusak gigi Si Kecil. Jenis makanan tersebut di antaranya adalah permen, kue, biskuit, susu, minuman manis, dan keripik. Selain itu, Si Kecil juga harus mengurangi makanan yang lengket ketika digigit dan dapat menempel pada gigi, seperti kismis, cokelat, jeli, karamel, sirop, dan biskuit sereal.

Baik untuk Gigi dan Gusi

Makanan yang kaya akan vitamin, kalsium, fosfor, dan protein adalah makanan yang harus dikonsumsi Si Kecil dalam jumlah yang cukup untuk menjamin kesehatan gigi dan gusinya. Beberapa contoh dari makanan tersebut adalah daging sapi, daging ayam, ikan, produk susu, sayuran berdaun hijau tua, dan buah-buahan.

Kalsium adalah salah satu mineral yang paling penting untuk pembentukan gigi. Angka kecukupan kalsium adalah sebagai berikut, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Nutrisi untuk Memperkuat Gigi Si Kecil

Morinaga Platinum

Kalsium adalah salah satu mineral yang paling penting untuk pembentukan gigi. Angka kecukupan kalsium adalah sebagai berikut:

Usia 1-3 tahun: 700 mg per hari

Usia 4-8 tahun: 1000 mg per hari

Usia 9-18 tahun: 1300 mg per hari

Beberapa makanan yang kaya akan kalsium adalah susu, yoghurt, keju, mentega, tahu, kedelai, dan brokoli.

Selain kalsium, vitamin D juga diperlukan. Angka kecukupan vitamin ini berkisar antara 400-600 IU. Makanan yang mengandung tinggi vitamin D hampir sama dengan kalsium, yakni susu, keju, yoghurt, salmon, sereal, jus jeruk, margarin, daging sapi, dan kuning telur.

Mineral fosfor juga tidak boleh dilupakan untuk gigi yang kuat. Sumber makanan yang mengandung fosfor juga kurang lebih sama dengan susu dan vitamin D, yaitu susu dan produknya, kacang-kacangan, serta sereal.

Selain mineral di atas, makanan Si Kecil juga harus mengandung protein yang cukup. Protein adalah zat pembangun yang diperlukan untuk pertumbuhan gigi dan jaringan lunak gusi. Protein didapat dari dua sumber, yaitu hewani dan nabati. Sumber protein hewani antara lain daging sapi, daging ayam, dan ikan. Sementara itu protein nabati diperoleh dari tahu, tempe, kacang-kacangan, dan sereal.

0 Komentar

Belum ada komentar