Sukses

Gigi Kuat, Bekal Anak Tumbuh Optimal

Hal-hal yang perlu Bunda ketahui agar gigi Si Kecil tumbuh sehat, kuat, dan bebas lubang.

KlikDokter.com - Gigi berlubang merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh anak balita. Hal ini dapat terjadi karena banyak hal, di antaranya konsumsi makanan dan minuman manis serta kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi.

Sebagai orangtua, Bunda harus mengenalkan gaya hidup sehat sejak dini kepada sang buah hati, dalam hal ini kesehatan gigi dan mulut. Hal ini harus ditanamkan sejak dini, dan dilakukan dengan disiplin dan berkelanjutan. Dengan demikian, Si Kecil dapat memiliki gigi yang sehat dan kuat, sehingga menunjang tumbuh kembang optimalnya.

Manis, Musuh Gigi

Kesehatan gigi Si Kecil banyak dipengaruhi oleh jenis makanan yang ia makan, dan seberapa sering ia mengonsumsi makanan tersebut. Sebisa mungkin hindari memberikan makanan dan minuman yang manis kepada Si Kecil. Kue, biskuit, keripik, permen, jeli, puding, minuman soda, dan jus adalah sebagian contoh dari makanan dan minuman tersebut.

Sebagai gantinya, Bunda dapat memberikan buah-buahan sebagai camilan serta air putih dan sari buah alami tanpa gula untuk Si Kecil.

Vitamin dan Mineral

Kalsium, vitamin D, dan fosfor adalah zat gizi utama yang diperlukan untuk gigi yang sehat dan kuat. Vitamin dan mineral tersebut dapat diperoleh dari makanan seperti susu, mentega, keju, yoghurt, brokoli, tahu, tempe, kedelai, ikan, dan telur.

Berikut beberapa hal lainnya yang wajib Anda cermati demi kesehatan gigi Si Kecil.

1 dari 2 halaman

Gigi Kuat, Bekal Anak Tumbuh Optimal

Morinaga Platinum

Menyikat Gigi

Biasakan kegiatan menyikat gigi sejak dini, yakni ketika gigi pertamanya tumbuh. Jadikan menyikat gigi sebagai kegiatan yang disiplin dan rutin dilakukan. Ceritakan kepada Si Kecil pentingnya menyikat gigi dan apa akibatnya jika ia tidak rajin menyikat gigi.

Untuk menggugah sang buah hati agar rajin menyikat gigi, Bunda dapat melakukan berbagai hal yang membuat kegiatan ini menjadi menarik, misalnya menyikat gigi bersama, bernyanyi untuknya ketika ia menyikat gigi, memasang video musikal lagu anak-anak, dan lain-lain.

Dokter Gigi

Kunjungan rutin ke dokter gigi sangatlah penting untuk memastikan agar gigi Si Kecil tetap sehat, kuat, dan bebas lubang. Karena sering kali, menyikat gigi saja tidaklah cukup bagi anak-anak, terutama bagi mereka yang gemar mengonsumsi makanan dan minuman yang manis.

0 Komentar

Belum ada komentar