Sukses

Trik Agar Sikat Gigi Jadi Menyenangkan untuk Si Kecil

Ajari Si Kecil untuk menyukai kebiasaan menggosok gigi agar giginya sehat, kuat, dan terawat.

KlikDokter.com - Menggosok gigi sangat penting untuk dilakukan, agar gigi Si Kecil selalu sehat, kuat, dan bebas dari lubang. Kegiatan ini harus sudah mulai dilakukan sejak gigi pertamanya tumbuh, yakni sekitar usia enam bulan.

Bunda dapat menggunakan sikat gigi khusus anak dengan bulu sikat yang lembut. Mulai usia 4 tahun, Bunda dapat mempertimbangkan penggunaan sikat gigi elektrik untuk hasil yang lebih bersih.

Pasta gigi yang diperlukan tidak perlu banyak, cukup seukuran kacang polong untuk diletakkan di ujung sikat. Penting untuk menjadikan kegiatan menggosok gigi ini suatu kebiasaan sehat yang  dilakukan oleh Si Kecil secara rutin, yakni sebanyak dua kali sehari.

Menyikat gigi di pagi hari dapat dilakukan sebelum atau sesudah sarapan. Namun sikat gigi pada malam hari harus dilakukan setelah ia selesai makan, dan menjadi kegiatan yang dilakukan  sebelum Si Kecil pergi tidur.

Mungkin bagi sebagian anak, kegiatan menggosok gigi bukanlah acara yang menyenangkan untuk dilakukan, sehingga sering kali Bunda harus “tarik urat” dahulu agar Si Kecil mau menggosok giginya. Oleh karena itu, kami berikan kiat bagi Bunda agar Si Kecil menyukai kegiatan menggosok gigi.

Berikut tips yang dapat Anda lakukan:

1 dari 2 halaman

Trik Agar Sikat Gigi Jadi Menyenangkan untuk Si Kecil

Morinaga Platinum

Mulai sejak dini

Mulailah menggosok gigi si Kecil sejak dini, sejak gigi pertamanya tumbuh – sekitar usia enam bulan. Lakukanlah hal ini dengan rutin, sehingga lama-kelamaan ia akan menjadi terbiasa.

Berikan contoh

Anak suka meniru orangtuanya. Oleh karena itu, berikan contoh yang baik dengan rajin menyikat gigi. Bunda dan Ayah harus menunjukkan bahwa menyikat gigi adalah kegiatan yang menyehatkan sekaligus menyenangkan. Bunda pun dapat mengajaknya menyikat gigi bersama.

Peralatan yang menarik

Biarkan Si Kecil memilih sikat gigi sendiri sesuai dengan keinginannya, berdasarkan bentuk, warna, dan gambar yang ia sukai. Si Kecil juga dapat memilih rasa pasta gigi favoritnya. Dengan peralatan yang menarik dan personal, diharapkan Si Kecil akan lebih tergugah untuk menggosok gigi.

 Menyanyi

Bunda dapat menjadikan kegiatan menggosok gigi menyenangkan dengan bernyanyi untuknya selama ia menggosok gigi. Jika memungkinkan, Bunda dapat memasang video musikal anak-anak. Kini sudah banyak perangkat canggih yang dapat Bunda manfaatkan untuk mengunduh aplikasi khusus yang mengajak Si Kecil menggosok gigi dengan cara yang menyenangkan.

0 Komentar

Belum ada komentar