Sukses

Gigi Si Kecil Patah, Harus Bagaimana?

Merawat gigi Si Kecil memang gampang-gampang susah, apalagi jika giginya patah.

KlikDokter.com - Aktivitas bermain di luar ruangan seperti olahraga, bersepeda atau lainnya bisa menimbulkan risiko patahnya gigi anak. Selain itu, cedera pada gigi Si Kecil juga bisa disebabkan oleh kecelakaan atau kekerasan.

Keadaan patahnya gigi dapat meliputi beberapa gigi, dan lokasinya pun bervariasi. Namun gigi depan merupakan gigi yang paling sering patah pada anak. Kondisi gigi atas yang lebih maju atau protusif, dan keadaan gigi yang memiliki kelainan struktur sehingga gigi menjadi lemah seperti hipoplasia email (gangguan pembentukan email), juga bisa membuat risiko gigi patah menjadi lebih besar.

Benturan pada area wajah dan bibir yang dialami Si Kecil dan menyebabkan gigi patah mencakup beberapa kondisi di bawah ini:

  • Patah pada bagian mahkota gigi
  • Patah pada mahkota sampai ke akar
  • Patah pada bagian akar gigi
  • Patah pada bagian mahkota gigi dan mengenai  kamar saraf (pulp).
  • Terlepasnya gigi dari kantongnya

Trauma atau benturan bisa terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Bila gigi langsung terkena benda atau pukulan, maka hal tersebut terjadi secara langsung. Tetapi bila bagian wajah seperti dagu yang mengalami benturan dan menyebabkan gigi rahang atas dan gigi bawah beradu sehingga menjadi patah, maka kondisi itu merupakan patahnya gigi secara tidak langsung.

Lalu apa yang bisa orangtua lakukan jika mengalami kejadian patah gigi pada anak? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Gigi Si Kecil Patah, Harus Bagaimana?

Morinaga Platinum

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan orangtua

Bila Si Kecil mengalami patah gigi, Bunda harus segera membawanya ke dokter gigi agar segala dampak dari kerusakan yang terjadi dapat diatasi dan diminimalkan. Namun, apabila keadaan tidak memungkinkan untuk segera pergi ke dokter gigi, Bunda tetap dapat memberikan pertolongan pertama kepada Si Kecil dengan cara:

  • Mengajak Si Kecil berkumur dengan air hangat
  • Memberikan kompres dingin pada area wajah Si Kecil yang mengalami cedera. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan
  • Menyimpan bagian gigi yang patah, untuk Bunda bawa saat nanti saat berkunjung ke dokter gigi

0 Komentar

Belum ada komentar