Sukses

Kopi Menyebabkan Maag

Anda sering sakit maag? Sudah mutlak untuk hindari kopi, karena kopi dapat menyebabkan maag. Berikut penjelasannya.

KlikDokter.com - Sakit maag atau istilah medis disebut gastritis (peradangan pada lambung) merupakan penyakit yang sering terjadi di masyarakat. Peningkatan asam lambung merupakan faktor utama terjadinya sakit maag. Lapisan pertahanan lambung yang mencegah lambung kontak langsung dengan asam lambung dapat menjadi rusak bilamana produksinya berlebihan. Bila terpapar terus menerus dengan asam, lapisan mukosa lambung dapat berubah menjadi tukak/ulkus (luka pada mukosa/lapisan lambung).

Penyebab sakit maag dapat bermacam-macam diantaranya pola makan yang tidak teratur, makan-makanan yang mengandung minyak dan berlemak, obat-obatan tertentu, alkohol, kopi, stres, dan lain sebagainya. Selain itu terdapat mikroorganisme yang disebut bakteri helycobacter pylori. Bakteri ini merupakan penyebab utama terjadinya tukak/ulkus lambung.

Bagaimana kopi dapat menyebabkan sakit maag?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kopi merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan sakit maag, karena kandungan kafein yang terdapat didalamnya dapat meningkatkan produksi asam lambung. Asam lambung yang berlebihan dapat mengiritasi permukaan mukosa lambung sehingga menyebabkan peradangan pada lambung. Bagi penderita yang memang sudah memiliki luka/tukak lambung, kopi dapat memperburuk gejala.

Berikut halaman berikutnya penjelasan alasan mengapa kopi dapat menyebabkan sakit maag:

1 dari 2 halaman

Kopi Menyebabkan Maag

Promag Ahlinya Lambung

Berikut alasan mengapa kopi dapat menyebabkan sakit maag:

  1. Zat asam yang terkandung dalam kopi sangat tinggi sehingga merangsang produksi asam lambung yang berlebihan.
  2. Kafein yang terkandung dalam kopi meningkatkan hormon stres yaitu kortisol, epinefrin (dikenal dengan adrenalin), dan norepinefrin. Hormon ini berpengaruh dalam peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga aliran darah berkurang ke sistem pencernaan dan memperlambat proses penghancuran makanan, dimana mukosa lambung akan terpapar lebih lama dengan asam lambung.
  3. Peningkatan hormon stres yang disebabkan oleh kafein, bila terjadi terus-menerus (kronis), dapat menekan sistem imunitas tubuh, sehingga bakteri Helicobacter pylori mudah berkembang dan menyerang mukosa lambung, yang kemudian akan menyebabkan ulkus/tukak pada lambung.

Bagi penderita yang sudah memiliki sakit maag atau bahkan luka/tukak pada lambung, sebaiknya menghindari konsumsi kopi, karena akan memperburuk kondisi kesehatan lambung. Walaupun berhenti minum kopi bukan berarti anda akan sembuh dari penyakit maag. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa banyak faktor yang dapat menyebabkan sakit maag, dan dengan mengurangi faktor-faktor tersebut dapat membantu dalam proses penyembuhan penyakit maag.

0 Komentar

Belum ada komentar