Sukses

6 Hal Penting Seputar Pemberian MPASI

Periode MPASI harus disiapkan dengan baik dan cermat, agar kebutuhan nutrisi anak tercukupi sejak dini.

KlikDokter.com - Ketika ASI tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, dibutuhkan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) agar mereka dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik.

Mayoritas ahli kesehatan anak menyarankan bahwa MPASI bisa diberikan sejak anak berusia 6 bulan. Hal ini dikarenakan sebelum usia 6 bulan, enzim pencernaan anak belum sempurna sehingga mereka belum dapat mencerna makanan dengan baik. Selain itu, pada usia 6 bulan anak membutuhkan lebih banyak asupan zat besi yang tidak cukup diperoleh dari ASI.

Pemberian MPASI perlu memperhatikan beberapa hal penting, terutama responsive feeding yang menerapkan prinsip asuhan psikososial. Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Dampingi anak sewaktu makan. Orangtua atau pengasuh harus peka terhadap tanda lapar dan kenyang yang ditunjukkan oleh anak.
  • Untuk membantu anak Anda memahami rasa lapar, buatlah jadwal makan secara teratur. Jangan berikan kudapan, jus atau susu 3-4 jam sebelum waktu makan.
  • Sewaktu pemberian makan, berkomunikasilah dengan anak dan pelihara kontak mata. Hindari juga hal yang dapat mengalihkan perhatian anak, misalnya memberikan mainan.
  • Bila anak menolak makan, cobalah dengan makanan lain yang berbeda secara tekstur dan rasa.
  • Makan tidak boleh lebih dari 30 menit walaupun saat itu asupan porsi makan mereka sangat sedikit. Anak-anak akan menambah porsi mereka dengan sendirinya pada waktu yang akan datang.
  • Sediakan makanan dalam porsi kecil untuk mencegah terjadinya bosan atau merasa kenyang terlebih dahulu (karena melihat begitu banyak makanan dalam piring mereka).

0 Komentar

Belum ada komentar