Sukses

Kiat Menyiapkan MPASI Selama Perjalanan

Salah satu tantangan bepergian jarak jauh adalah bagaimana menyiapkan MPASI untuk anak. Tapi jangan khawatir, ada banyak cara untuk mengelola hal tersebut. Temukan solusinya di sini!

KlikDokter.com - Mengajak buah hati Anda bepergian tentulah sangat menyenangkan. Namun, Anda tetap harus memperhatikan asupan makanan Si Kecil selama perjalanan. Jangan sampai kebutuhan nutrisinya tidak tercukupi ketika ia berada di luar rumah. Berikut adalah kiat-kiat praktis menyiapkan MPASI selama perjalanan jauh:

  1. Menentukan jenis makanan dan minuman

Pemilihan jenis makanan yang akan dibawa sangatlah penting untuk direncanakan. Berbagai alternatif makanan yang bisa Anda bawa adalah:

  1. Makanan berat
  • Pilihan makanan ini haruslah bernilai gizi baik dan disesuaikan dengan kemampuan bayi pada saat usianya. Misal, untuk bayi berusia 6-9 bulan pilihan pure, makanan lumat, cincang halus. Untuk berusia 9-12 bulan pilihan makanan lunak, cincang kasar, finger foods.
  • Makanan tersebut dapat dibawa dengan menggunakan wadah stainless penahan panas, atau Anda bisa membawa makanan beku yang telah Anda buat sebelumnya. Makanan beku ini haruslah dihangatkan terlebih dahulu.
  1. Buah-buahan segar

Alternatif buah segar ini sangat bermanfaat untuk Anda yang tidak memiliki waktu yang cukup banyak. Buah-buahan segar dapat Anda peroleh secara cepat dan penyajiannya pun mudah.

Pilihan buah yang dapat dijadikan pilihan adalah pisang, air perasan jeruk, dan alpukat. Buah pisang dan alpukat dapat dikerok atau dipotong kecil-kecil, tergantung dengan kemampuan bayi sesuai usianya.

  1. Makanan ringan

Makanan ringan atau snack yang dipilih haruslah sehat. Berikut makanan ringan yang dapat dijadikan pilihan:

  • Crackers khusus bayi.
  • Biskuit bayi.
  • Muffin.
  1. Minuman
  • ASI

Apabila anak Anda masih diberikan ASI, maka susuilah langsung dari payudara Anda sendiri.

  • Susu Formula

Apabila anak Anda sudah mendapatkan susu formula, siapkan susu formula dengan memperhatikan kebersihannya. Botol harus dimasukkan ke dalam air hangat sebelum digunakan.

Berikut kiat lainnya untuk menyiapkan MPASI selama perjalanan. Selengkapnya pada halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Kiat Menyiapkan MPASI Selama Perjalanan

  1. Menyiapkan peralatan makan
  • Letakkan makanan anak pada tempat makan yang aman (terbuat dari keramik, stainless steel, atau wadah plastik BPA free) yang telah dicuci bersih.
  • Apabila Anda tidak mempunyai peralatan makan, sebaiknya jangan menggunakan styrofoam, pakailah bungkus alumunium untuk mengemas makanan.
  • Apabila Anda membawa makanan beku, simpanlah makanan tersebut dalam cooler box dengan blue ice di sekelilingnya.
  • Apabila Anda membawa makanan panas, simpanlah makanan tersebut dalam stainless.
  1. Membawa tisu basah, tisu kering, dan hand sanitizer

Sebelum Anda menyiapkan makanan untuk anak, cucilah tangan Anda menggunakan hand sanitizer atau tisu basah, kemudian keringan dengan tisu kering.

  1. Membawa termos yang berisi air panas

Termos air panas sangat bermanfaat dalam perjalanan jauh. Anda bisa menggunakannya untuk menghangatkan makanan beku yang Anda bawa, atau sebagai bahan tambahan untuk membuat pure buah dan lain sebagainya.

0 Komentar

Belum ada komentar