Sukses

4 Cara Melatih Si Kecil Bersosialisasi

Mengenalkan Si Kecil pada lingkungan di luar keluarga sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya.

KlikDokter.com – Pada usia 6-12 bulan, Si Kecil akan memiliki banyak “tantangan” dan pengalaman baru. Salah satu dari berbagai hal yang akan dipelajarinya adalah kemampuan untuk bersosialisasi dan berkumpul dengan orang lain.

Tempat pertama Si Kecil belajar bersosialisasi dengan orang lain adalah di dalam keluarganya sendiri. Namun, Anda sebaiknya juga memperkenalkan Si Kecil kepada teman bermain dan orang-orang di luar keluarga Anda. Ini akan memungkinkannya untuk belajar berkomunikasi dan berinteraksi pada usia sedini mungkin.

Bayi sangat tertarik memperhatikan bayi lain. Mereka juga memiliki cara untuk berinteraksi dengan bayi lain, yakni dengan menyentuh atau memukul mereka. Bayi memang belum dapat berpartisipasi dalam kegiatan “bermain” sampai mereka mulai berjalan, tetapi tidak ada salahnya untuk mengenalkan mereka pada lingkungan sekitar sejak dini.

Lagi pula, kegiatan di luar rumah merupakan hal yang sangat baik bagi perkembangan Si Kecil. Sayangnya, aktivitas di luar rumah sering kali dianggap tidak terstruktur dan membahayakan, karenanya banyak orangtua yang merasa lebih aman jika anaknya bermain di dalam rumah. Padahal, ini bisa disiasati dengan selalu mendampingi buah hati Anda ketika ia berada di luar rumah, serta tidak luput memakaikan anak alas kaki (sepatu) untuk mencegah kuman dan penyakit. 

Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda terapkan ketika mengajak Si Kecil bersosialisasi, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

4 Cara Melatih Si Kecil Bersosialisasi

Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda terapkan ketika mengajak Si Kecil bersosialisasi:

  • Berikan pengantar kepada Si Kecil. Misalnya, Anda akan mengajaknya pergi ke toko, katakan padanya bahwa hari itu Anda akan membeli beberapa keperluan di toko. Meski anak Anda belum bisa memberikan respons verbal, ia tetap memerlukan semacam “pengenalan” mengenai situasi yang akan atau sedang ia hadapi.
  • Pertemukan Si Kecil dengan bayi-bayi lain beberapa minggu sekali, tidak perlu setiap hari. Anda dapat mengunjungi tetangga Anda yang memiliki bayi di sekitar rumah atau baby club.
  • Biarkan orang lain menggendong Si Kecil. Hal ini akan membuat Si Kecil tidak mengalami ketakutan yang berlebihan terhadap orang asing. 
  • Apabila Si Kecil menangis, segera gendong dan tenangkan dengan kata-kata lembut.

Ingatlah bahwa bayi usia 6-12 bulan terkadang lebih senang bermain sendiri. Ia mungkin tampak tidak tertarik pada anak-anak lain, bahkan tidak menyadari kehadiran mereka. jika seorang anak mendatanginya, ia barangkali akan cuek atau mulai menangis karena takut. Tapi janganlah cemas, sering-seringlah mengajak Si Kecil bermain dan bertemu teman-teman sebayanya agar ia semakin mudah beradaptasi pada lingkungan di luar rumah. Dengan cara ini, Anda juga bisa lebih mendekatkan diri secara emosional dengannya.

0 Komentar

Belum ada komentar