Sukses

Fungsi dari Kolagen

Terdapat 28 jenis kolagen di dalam tubuh, namun jenis kolagen tipe I hingga V merupakan jenis yang paling sering ditemukan. Apa saja fungsinya? Simak info medis dr. Dewi Ema Anindia berikut.

KlikDokter.com - Setiap harinya kita sering mendengar kata kolagen, namun sebenarnya apakah kolagen itu?

Nama ‘collagen’ berasal dari bahasa Yunani yaitu ’kola’ yang berarti gula dan ‘gen’ yang berarti produksi.

Kolagen merupakan suatu protein penting yang dapat ditemukan di seluruh tubuh kita.

Kolagen dapat ditemukan di kulit, tulang, hingga ke organ dalam tubuh sampai ke pembuluh darah.

Terdapat 28 jenis kolagen di dalam tubuh, namun jenis kolagen tipe I hingga V merupakan jenis yang paling sering ditemukan.

Tentu, kita sering mendengar fungsi kolagen terhadap kulit namun ternyata selain di kulit, kolagen juga berfungsi untuk organ atau jaringan lain yang penting di tubuh.

Kolagen memiliki bermacam-macam fungsi. Apa saja itu?

Silakan klik next untuk melanjutkan.

1 dari 2 halaman

Fungsi dari Kolagen

Fungsi kolagen ada bermacam-macam, contohnya adalah :

  1. Tulang
    Kolagen memiliki fungsi penting untuk tulang. Struktur tulang terdiri dari berbagai macam bahan salah satunya adalah gabungan dari kolagen dan mineral yang dinamakan hydroxyapatite. Kedua substansi ini bekerja untuk membuat struktur, fleksibiltas dan kekuatan dari tulang.

  2. Otot
    Kolagen memiliki fungsi penting untuk otot. Serat kolagen memiliki fungsi untuk memperkuat otot dan struktur otot untuk kelangsungan otot setiap harinya. Serat kolagen tidak hanya ditemukan di otot rangka, namun juga ditemukan di otot polos (yang berada di saluran kemih dan organ reproduksi) serta otot jantung.

  3. Pembuluh Darah
    Kolagen memiliki fungsi penting dalam struktur pembuluh darah. Kolagen memiliki fungsi dalam membentuk dinding pembuluh darah vena, arteri dan kapiler. Kolagen memiliki fungsi untuk memperkuat pembuluh darah, menjaga struktur dan kelenturan pembuluh darah, dimana fungsi ini penting guna membawa aliran darah ke seluruh tubuh.

  4. Kulit
    Salah satu fungsi dari kolagen yang paling terbesar adalah fungsinya sebagai penyokong kulit. Menurut dr.Eric dari University of Pennsylvania, 80% berat kulit kita terdiri dari kolagen. Kolagen menyediakan struktur ke kulit yang bekerjasama dengan protein lain yang dinamakan elastin, yang berguna untuk membuat kulit lebih elastis.

 

BACA JUGA

Penuaan Dini & Penyebabnya

5 Faktor Penyebab Penuaan Dini

Awet Muda Dengan Tempe

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

0 Komentar

Belum ada komentar