Sukses

9 Langkah Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Bagi Anda yang masih merasa bingung dengan banyaknya jenis diet atau takut dengan efek samping diet, Anda bisa melakukan cara lain untuk menurunkan berat badan. Baca penjelasan lengkapnya di sini.

Slim & Fit

KlikDokter.com – Berbagai jenis diet yang bermunculan untuk menurunkan berat badan mungkin membuat Anda bingung. Apakah diet ini bagus atau malah berdampak buruk? Karena ada beberapa diet yang kurang tepat dan justru menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Nah, berikut adalah sembilan cara untuk mendapatkan tubuh ideal tanpa diet:

  1. Mengatur waktu makan

Pasang timer selama 15 menit dan makanlah secara perlahan. Mengunyah makanan sedikit demi sedikit dapat membuat Anda lebih cepat kenyang dan mengurangi porsi makan Anda. Makan terlalu cepat, tidak akan memberikan kesempatan bagi lambung Anda untuk memberikan sinyal ke otak bahwa Anda sudah kenyang.

  1. Makan sayuran dan buah lebih banyak

Memperbanyak porsi sayuran dan buah Anda dalam sehari merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat dan air yang tinggi dapat membuat Anda lebih cepat kenyang dengan kalori yang sedikit. Namun perhatikan juga cara pengolahannya. Hindari mengolahnya dengan cara menggoreng untuk mengurangi kalori tambahan dari lemak.

Berikut 7 kiat lainnya untuk menurunkan berat badan selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

9 Langkah Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Slim & Fit

  1. Memulai dengan sup

Perhatikan pola makan orang Barat. Sebelum mulai makan besar, mereka biasanya memulai dengan makan sup. Anda bisa meniru cara ini. Makan sup sebagai permulaan makan Anda dapat membuat Anda makan lebih lama dan memangkas rasa lapar Anda. Namun perhatikan pula kandungan supnya. Hindari sup krim kental yang sarat lemak, dan pilihlah sup bening yang tinggi serat dan rendah kalori seperti sup sayur bayam.

  1. Memilih gandum

Gandum, misalnya nasi merah atau roti gandum, dapat menjadi salah satu strategi sehat Anda dalam menurunkan berat badan. Anda akan menjadi lebih cepat kenyang dengan kalori yang sedikit dan bonusnya, dapat menurunkan kadar kolesterol Anda!

  1. Memperhatikan jenis minuman

Kalori tak hanya berasal dari apa yang Anda makan saja. Minuman yang Anda konsumsi pun juga dapat menambah kalori. Contohnya, 1 kaleng minuman ringan bersoda mengandung setidaknya 90 kalori. Jika Anda minum terus-menerus setiap hari, maka berat badan Anda bisa naik sebanyak 1 kg dalam waktu 4 minggu. Oleh karena itu, ganti minuman berkalori Anda dengan air putih yang 0 kalori. 

  1. Mengonsumsi teh hijau

Minum teh hijau dapat menjadi salah satu strategi tambahan untuk menurunkan berat badan. Beberapa studi membuktikan bahwa kandungan fitokimia katekin yang terdapat di dalam teh hijau dapat membantu pembakaran kalori lebih cepat di dalam tubuh. Namun, perhatikan juga kalorinya jika Anda meminum teh hijau kemasan.

  1. Berhenti sejenak

Ketika Anda sedang makan, cobalah untuk meletakkan sendok garpu Anda dan berhenti sejenak. Tunggulah beberapa saat sebelum Anda kembali menyendok. Hal ini dapat memberikan sinyal pada otak bahwa lambung Anda sudah terisi makanan dan Anda sudah kenyang.

  1. Menggunakan piring kecil

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Cornell University, penggunaan piring yang berukuran kecil dapat memberikan “ilusi” pada mata dan membuat Anda makan lebih sedikit ketimbang jika Anda menggunakan piring yang besar. Dan tanpa Anda sadari, kalori yang terpangkas pun juga lebih banyak!

  1. Membakar 100 kalori lebih banyak

Anda dapat menurunkan 5 kg kalori dalam 1 tahun tanpa berdiet dengan membakar ekstra 100 kalori per hari. Anda dapat melakukan beberapa aktivitas ringan berikut ini setiap hari:

  • Berjalan 2 km selama 20 menit.
  • Mencabut atau memotong rumput selama 20 menit.
  • Membersihkan rumah selama 30 menit.
  • Jogging selama 10 menit.

0 Komentar

Belum ada komentar