Sukses

Tiga Kunci Tulang Kuat

Sedikitnya ada 3 hal mendasar yang Anda wajib ketahui agar tulang Anda tetap kuat dan sehat. Berikut tips dan saran dr. Alvin Nursalim di sini.

KlikDokter.com - Setiap orang pasti ingin memiliki tulang yang kuat. Tulang merupakan  struktur tubuh yang penting. Jika tulang mengalami gangguan maka seorang akan mengalami kesulitan dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Hal ini menjadi lebih jelas terasa pada wanita saat memasuki masa menopause. Wanita pada masa menopause memiliki risiko untuk mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang. Osteoporosis menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh dan mudah mengalami patah tulang.

Namun terdapat beberapa cara untuk menambah kekuatan tulang. Apa saja yang perlu Anda lakukan untuk memiliki tulang yang kuat?

  1. Makan cukup kalsium

Kalsium merupakan salah satu komponen penyusun tulang. Pria dan wanita pada usia produktif membutuhkan asupan kalsium sekitar 1,000 miligram per hari. Kebutuhan asupan kalsium ini meningkat ketika seorang wanita mencapai usia 50 tahun dan seorang pria mencapai usia 70 tahun. Sumber kalsium yang baik meliputi: produk susu rendah lemak, sayuran hijau, produk kedelai. Apabila Anda mengkonsumsi makanan yang kaya gizi -contohnya jika Anda rutin mengonsumsi menu makanan dengan gizi seimbang seperti susu,buah dan sayuran setiap hari- maka mengonsumsi produk suplementasi kalsium tambahan belum prioritas. Namun, jika asupan makanan tidak dapat memenuhi kebutuhan kalsium, mengonsumsi suplementasi kalsium dapat menjadi pilihan.

Penjelasan berikutnya pada halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Tiga Kunci Tulang Kuat

Osteopor

  1. Asupan cukup vitamin D

Walaupun kalsium memiliki peran penting dalam membentuk tulang yang kuat, vitamin D memegang peranan penting dalam penyerapan kalsium dari saluran pencernaan. Walaupun asupan kalsium Anda cukup, jika tidak disertai jumlah vitamin D yang cukup maka penyerapan kalsium akan terganggu. Pembentukan vitamin D memerlukan paparan sinar matahari. Dosis vitamin D yang diperlukan manusia dewasa adalah sekitar 600-800 international unit per hari.

  1. Olahraga

Olahraga dapat membantu membentuk tulang yang kuat. Olahraga memiliki efek yang baik ketika dilakukan sejak usia muda. Olahraga harus dilakukan berkala dan terus menerus bahkan sampai usia tua. Terdapat anggapan yang keliru bahwa orangtua harus istirahat terus menerus dan menghindari olah raga. Untuk mempertahankan fungsi kognitif dan stamina tubuh, orangtua dianjurkan untuk tetap aktif.

Untuk menjaga kekuatan tulang, jenis olahraga yang disarankan adalah olahraga angkat beban yang dapat memperkuat tulang dan dilakukan dari usia muda. Penting diketahui, olahraga angkat beban sangat tidak dianjurkan bagi penderita osteoporosis. Namun, dianjurkan untuk dilakukan oleh bukan pasien osteoporosis guna menjaga kesehatan tulang di kemudian waktu.

Selain itu, kombinasi olahraga aerobik dan olahraga beban dianjurkan untuk mencapai kesehatan jantung dan tulang. Olahraga sudah terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang dan memiliki efek yang baik untuk kesehatan jantung.

0 Komentar

Belum ada komentar