Sukses

4 Makanan Musuh Bagi Tulang Wanita

Sedikitnya ada 4 asupan makanan dan minuman yang harus diwaspadai kaum hawa demi kesehatan tulangnya. Berikut penjelasan dr. Jessica Florencia di sini.

KlikDokter.com - Sebagai wanita, banyak hal yang perlu diperhatikan menyangkut masalah kesehatan wanita. Salah satu di antaranya adalah kesehatan tulang. Wanita terancam mengalami osteoporosis lebih besar ketimbang pria.

Kita telah cukup mengetahui bahwa terdapat banyak sumber makanan yang baik bagi tulang. Susu, yoghurt, keju, sayuran hijau, ikan salmon, makanan-makanan dari kacang kedelai, dan kacang-kacangan (almond, pistachio, walnut) dan biji-bijian (biji bunga matahari).

Selain itu juga, olah raga beban yang baik bagi tulang seperti jalan cepat, dance, tennis dan yoga dapat membantu perkembangan tulang agar menjadi lebih padat dan mengurangi risiko terkena osteoporosis. Sinar matahari juga membantu pembentukan vitamin D yang penting bagi penyerapan kalsium dalam tubuh.

Setiap harinya, seorang wanita berusia hingga 50 tahun membutuhkan asupan 1000 mg kalsium dan mulai usia 51 tahun membutuhkan 1200 mg kalsium. Memperhatikan asupan kalsium sangat penting, sedemikian seperti memperhatikan asupan makanan yang dapat menyebabkan pengeluaran kalsium dari dalam tubuh.

Selain dari hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membantu meningkatkan kondisi tulang sehat. Kita juga perlu mengenali musuh-musuh tubuh kita yang dapat menyebabkan tulang dapat menjadi lebih mudah keropos.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang wajib Anda cermati agar terhindari dari osteoporosis di kemudian hari, selengkapnya pada halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

4 Makanan Musuh Bagi Tulang Wanita

Osteopor

Berikut beberapa makanan dan minuman yang wajib Anda cermati agar terhindari dari osteoporosis di kemudian hari:

1. Garam

Garam dapat menyebabkan pengeluaran kalsium dari dalam tubuh melalui urin menjadi meningkat. Untuk itu, konsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi dapat berbahaya bagi tulang.

Makanan yang perlu dihindari karena mengandung tinggi garam adalah:

·         Daging olahan seperti daging ham, daging hot dog.

·         Makanan siap saji seperti piza, burger, kentang goreng.

·         Makanan olahan seperti makanan-makanan yang dijual dalam bentuk bekuan.

·         Makanan Kaleng.

·         Makanan yang Dipanggang seperti roti dan sereal.

Jika Anda tidak dapat menghindari makanan dengan kandungan garam yang tinggi, maka Anda dapat mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalium seperti pisang, tomat dan jus jeruk untuk mencegah keluarnya kalsium dari dalam tubuh.

2. Minuman Berkarbonasi

Sebagian besar minuman ringan berkarbonasi mengandung asam fosfat yang dapat meningkatkan pengeluaran kalsium dari dalam tubuh melalui urin. Minuman berkrbonasi juga seringkali sedikit atau tidak mengandung kalsium.

3. Kafein

Kafein dapat menarik kalsium dari struktur tulang. Untuk itu perlu membatasi konsumsi kafein terutama bagi mereka yang asupan kalsiumnya rendah atau kurang mencukupi. Minuman-minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan minuman bersoda sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Setiap 100 mg kafein akan menarik 6mg kalsium dari dalam tubuh kita.

 4. Kacang Kedelai

Produk olahan kacang kedelai  seperti tahu, tempe dan susu kedelai merupakan sumber bahan makanan yang kaya akan protein pembentuk tulang. Namun, selain itu, kandungan oksalat dalam makanan berbahan kedelai dapat mengikat kalsium dan menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh.

Jika diet Anda melibatkan banyak produk makanan dari kedelai, pastikan Anda juga mengonsumsi kalsium setidaknya 1000 mg per hari.

0 Komentar

Belum ada komentar