Sukses

Kalsium dan Osteoporosis

Kalsium adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam pembentukan tulang dan gigi. Demikiannya defisiensi kalsium dapat menyebabkan osteoporosis di kemudian hari.

KlikDokter.com - Osteoporosis harus dicegah sedari dini. Sebisa mungkin semenjak dari kandungan. Sedari dini usahakan untuk mencegah osteoporosis. Dimana sang ibu dituntut untuk mengonsumsi kalsium yang secukupnya untuk memenuhi kebutuhan asupan kalsium sang jabang bayi pula disamping kebutuhan kalsium sang ibu itu sendiri.

Kalsium merupakan elemen mineral yang paling banyak terdapat di dalam tubuh. Pada berat tubuh 70 kg terdapat kurang lebih 1,200 gr kalsium. Dari jumlah tersebut, 99% berada dalam tulang rangka, sedangkan 1% berada di dalam jaringan lain dan cairan tubuh yang secara luas didistribusikan ke seluruh tubuh. 

Kalsium juga sebagai katalisator berbagai proses biologi dalam tubuh dan mempertahankan fungsi membran sel. Karena itu untuk dapat mempertahankan keseimbangan kalsium diperlukan pemasukkan kalsium lebih dari 1.200 gr/hari untuk usia 51 tahun ke atas, dan 1.000 mg/hari untuk 19-50 tahun. 

Pada anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan, tingkat penyerapan kalsium dapat mencapai 75%. Sangat bahaya jika yang terjadi ialah kalsium tubuh mengalami kekurangan untuk menunjang proses pertumbuhan mereka. Walaupun tubuh akan mengambil cadangan kalsium yang ada pada tulang. Namun jika terjadi menahun dan tanpa ada proses regenerasi sel tulang yang sempurna, maka yang terjadi adlaah tulang semakin tipis dan kemudian keropos.

Oleh karena itu, penting adanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian tubuh Anda. Agar di kemudian hari terhindar osteoporosis.

0 Komentar

Belum ada komentar