Sukses

Cegah Tulang Keropos Sejak Usia Muda

Pencegahan tulang keropos paling ideal adalah dimulai usia muda, bukan ketika gejala umumnya telah muncul. Simak selengkapnya tips-tips gaya hidup sehat untuk pencegahan tulang keropos oleh dr. Sophia B. Hage disini.

KlikDokter.com - Osteoporosis atau tulang keropos adalah suatu penyakit yang ditandai dengan penurunan kepadatan tulang sehingga tulang mudah patah. Perempuan ditemukan lebih sering mengalaminya daripada pria, terutama setelah perempuan mengalami menopause.

Perbandingan kejadian osteoporosis antara perempuan dan pria adalah 2 banding 1. Melihat hal ini tentunya, timbul pertanyaan penting yaitu bagaimana kita dapat mencegah atau paling tidak memperkecil kemungkinan terjadinya osteoporosis sejak sedini mungkin.

Pada prinsipnya, terdapat dua usaha penting dalam upaya pencegahan osteoporosis, yaitu:

  1. Memaksimalkan massa atau kepadatan tulang pada semua kelompok usia dan jenis kelamin.

  2. Mencegah timbulnya cedera atau kejadian jatuh pada usia lanjut.

Memaksimalkan massa tulang dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu:

  1. Memaksimalkan angka kepadatan puncak tulang (peak bone mass) saat masih dapat ditingkatkan.

  2. Tunda timbulnya pengeroposan tulang (onset of bone loss).

  3. Perlambat kecepatan keroposnya tulang.

Selain itu, ada istilah lain yang wajib Anda ketahui seputar kesehatan tulang, yakni Peak Bone Mass atau Kepadatan Puncak Tulang. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya:

1 dari 3 halaman

Cegah Tulang Keropos Sejak Usia Muda

Osteopor

Peak Bone Mass atau Kepadatan Puncak Tulang

Saat kita masih muda, proses pembentukan tulang menyebabkan tulang kita lebih banyak membentuk sel baru daripada kehilangan sel tulang. Pembentukan konstan ini membuat tulang kita lebih padat dan kuat setiap harinya. Ketika mencapai usia 25-30 tahun, tercapailah puncak kepadatan dari tulang kita.

Sesudah melewati usia 30 tahun, kepadatan tulang kita akan semakin menurun. Oleh sebab itu, untuk pencegahan dini osteoporosis adalah gaya hidup yang sehat sehingga tercapailah puncak kepadatan tulang yang baik. Makin tinggi puncak yang tercapai di usia muda, makin besar perlindungan diri terhadap kemungkinan tibulnya osteoporosis.

Tiga hal yang dapat membantu tercapainya puncak massa tulang yang tinggi dan juga menunda pengeroposan tulang serta memperlambat kecepatan pengeroposan tulang, yaitu:

  1. Olahraga teratur, termasuk latihan weight-bearing atau latihan kekuatan otot

  2. Diet seimbang, kaya akan kalsium dan vitamin D.

  3. Paparan sinar matahari yang cukup, khususnya pagi hari sebelum jam 09.00.

  4. Hindari rokokalkohol, dan batasi konsumsi kafein.

Berikut tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah kejadian jatuh / trauma, penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya:

2 dari 3 halaman

Cegah Tulang Keropos Sejak Usia Muda

Osteopor

Pencegahan kejadian jatuh

  1. Mencegah cedera atau trauma yang dapat menyebabkan patahnya tulang adalah langkah pencegahan yang sangat penting di populasi usia lanjut. Hal-hal yang dapat dilakukan bagi mereka di kelompok usia ini adalah:

  2. Olahraga teratur, khususnya mencakup latihan-latihan yang melatih keseimbangan.

  3. Menjaga lingkungan rumah bebas risiko jatuh, misalnya tidak ada lantai yang basah sehingga tidak licin.

  4. Menggunakan sepatu yang stabil dan tidak mudah hilang keseimbangan, misalnya hindari sepatu dengan hak tinggi atau hak yang tipis kecil seperti jenis stiletto (sepatu berhak tinggi dengan bentuk hak kecil-Red).

  5. Sedapat mungkin mencari pegangan apabila melakukan kegiatan yang mengganggu keseimbangan, seperti naik turun tangga sambil berpegangan pada samping tangga (railing).

0 Komentar

Belum ada komentar