Sukses

4 Makanan & Minuman Penyebab Tulang Keropos

Semua orang tentu sudah tahu bahwa diet untuk mencegah osteoporosis adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman kaya kalsium. Namun jangan jadikan hal itu sia-sia dengan menghindari makanan berikut ini:

4 Makanan & Minuman Penyebab Tulang KeroposKlikDokter.com - Semua orang tentu sudah tahu bahwa diet untuk mencegah osteoporosis adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman kaya kalsium.

Namun jangan jadikan hal itu sia-sia dengan menghindari makanan berikut ini:

  1. Garam
    Garam terdapat di hampir seluruh jenis makanan yang diproses termasuk sayuran yang diawetkan, keripik kentang dan bahkan roti gandum.

Hal ini menjadi fokus utama karena asupan garam yang tinggi dapat meningkatkan pengeluaran kalsium pada urine, yang berarti berkurangnya masa tulang. H

ealth promotion board merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 2000 mg sodium per hari atau setara dengan 1 sdt garam. (Baca: Mengurangi Garam Menurunkan Risiko Penyakit Jantung)

  1. Alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebih dapat menyebabkan gangguan penyerapan dan penggunaan kalsium, vitamin D dan nutrisi penting lainnya untuk tulang sehingga dapat meningkatkan resiko osteoporosis. Oleh karena itu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi lebih dari 220 ml bir, 100 ml wine atau 30 ml soda.(Baca: Liver Melintir Karena Minum Bir)

Berikut makanan dan minuman lainnya yang dapat menjadi penyebab tulang keropos, halaman selanjutnya selengkapnya:

1 dari 2 halaman

4 Makanan & Minuman Penyebab Tulang Keropos

Osteopor

  1. Kafein

Beberapa studi menyebutkan bahwa minum kopi lebih dari 3 cangkir sehari dapat meningkatkan hilangnya masa dan kepadatan tulang pada wanita post menopause. Kafein yang dapat menyebabkan peningkatan pengeluaran kalsium melalui urine dan menurunkan absorbsi kalsium. (Baca: Kebanyakan Kopi Bisa Bikin Tulang Keropos!)

  1. Diet tinggi protein

Beberapa studi menyebutkan bahwa diet tinggi protein dalam jangka panjang dapat meyebabkan berkurangnya kepadatan tulang. Oleh karena itu batasi konsumsi protein tidak lebih dari 3 porsi sehari. 1 porsi sebagai contoh adalah 5 udang ukuran sedang, daging/ikan/ayam seukuran telapak tangan, 2 gelas susu atau 2 potong tahu. (Baca:Aman Nggak Sih Diet Tinggi Protein?)

0 Komentar

Belum ada komentar