Sukses

Kurus = Bebas Risiko Kolesterol Tinggi?

Banyak orang beranggapan bahwa hanya si gemuk yang berpotensi akan kolesterol tinggi. Benarkah demikian?

KlikDokter.com - Kegemukan memang identik dengan kolesterol tinggi. Namun, penting untuk diketahui bahwa mereka yang bertubuh kurus pun bisa mengalami kolesterol tinggi. 

Meskipun seseorang terlihat kurus ataupun langsing, belum tentu mereka kebal terhadap kolesterol. Jenis makanan yang dikonsumsi akan menentukan komposisi kolesterol yang ada pada tubuh Anda – baik atau jahat. Belum lagi masalah gaya hidup. Apakah Anda merokok? Apakah Anda rutin berolahraga? Apakah jam tidur Anda sudah cukup?

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk mulai memeriksakan kadar kolesterol, apa pun jenis tubuh Anda.

Jika Anda berusia 20-40 tahun dan tidak memiliki riwayat ataupun faktor risiko penyakit jantung, Anda cukup memeriksakan kolesterol setiap 4-6 tahun sekali. Jika Anda berusia 40 tahun ke atas dan juga tidak memiliki riwayat ataupun faktor risiko penyakit jantung, Anda dapat memeriksakan diri setiap 5 tahun.

Memeriksakan diri itu penting, namun yang lebih penting lagi adalah menjaga agar jangan sampai terkena penyakit kolesterol tinggi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang sehat, berolahraga teratur, menurunkan berat badan, dan berhenti merokok. 

0 Komentar

Belum ada komentar