Sukses

3 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Kolesterol tinggi tidak pernah pandang bulu, dan jika tidak segera ditangani dapat berisiko besar terhadap kesehatan. Simak cara-cara untuk mengatasinya di sini!

KlikDokter.com – Pada dasarnya, kolesterol terdapat secara alami di dalam tubuh. Namun tingkat kolesterol juga bisa meningkat dengan asupan makanan yang dikonsumsi serta kurangnya aktivitas fisik.

Apabila kadar kolesterol Anda sudah tinggi, maka Anda perlu memperbaiki atau melakukan gaya hidup sehat untuk menurunkannya. Berikut adalah 3 kiat yang bisa Anda terapkan:  

1. Mengenal jenis lemak dalam makanan

Terdapat dua jenis utama dari lemak, yakni lemak jenuh dan tak jenuh. Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan tingkat kolesterol dalam darah.

Makanan tinggi lemak jenuh termasuk sosis, potongan lemak daging, mentega, krim, keju, dan makanan yang mengandung kelapa atau kelapa sawit.

Cobalah untuk mengganti makanan tersebut dengan makanan yang tinggi lemak tak jenuh, seperti minyak ikan (makerel dan salmon), kacang (almon dan mete), dan minyak nabati (bunga matahari, zaitun, jagung, dan kenari).

Berikut beberapa kiat lainnya untuk mengendalikan kolesterol lainnya, selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

3 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Nutrive Benecol

2. Mengetahui manfaat serat dalam diet

Makanan yang tinggi serat dapat menurunkan penyerapan kolesterol ke dalam peredaran darah. Dengan mengonsumsi 5 hingga 10 gram serat sehari, maka dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL Anda. Sumber serat yang baik meliputi buah (apel, pisang, pir, alpukat, pepaya), sayur (lobak, brokoli, kubis), roti gandum, jagung, dan biji-bijian. 

3. Menerapkan gaya hidup yang aktif

Gaya hidup aktif juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Lakukan aktivitas fisik selama 30-60 menit minimal tiga kali dalam seminggu. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat dan menguras tenaga. Cukup berolahraga ringan – namun rutin – setiap minggunya, misalnya berkebun, melakukan pekerjaan rumah, atau berjalan sore bersama anjing kesayangan.

0 Komentar

Belum ada komentar