Sukses

6 Efek Buruk Diet Ekstrem

Diet ketat atau tidak makan sama sekali bukanlah cara yang baik untuk menurunkan berat badan. Dampak negatifnya bagi tubuh pun bisa bermacam-macam. Baca penjelasan lengkapnya di sini.

Slim & Fit

KlikDokter.com - Ketika Anda harus menghadiri acara penting (misalnya, pernikahan teman) dan harus menurunkan berat badan secara cepat, diet ketat dan tidak makan sama sekali bagaikan solusi instan untuk mendapatkan perut rata.

Namun diet terlalu ekstrem atau sering juga disebut dengan crash diet dapat memberikan berbagai efek negatif untuk tubuh.

Apa itu crash diet?

Crash diet dapat berupa makan dengan kalori sangat rendah, tidak makan apa pun namun berolahraga berlebih, hanya minum saja atau lainnya.

Crash diet adalah segala bentuk diet ekstrem untuk menurunkan berat badan dalam jumlah banyak secara cepat.

Apa saja efek negatifnya? Halaman berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

6 Efek Buruk Diet Ekstrem

Slim & Fit

Apa saja efek negatifnya?

  • Berat badan akan kembali naik secara cepat

Tentu Anda tidak akan melakukan diet ini untuk selamanya, bukan? Jadi setelah Anda kembali ke pola makan normal, bobot tubuh Anda tentu akan kembali naik secara cepat dan bahkan akan melebihi angka timbangan Anda semula.

  • Mengganggu metabolisme

Crash diet dapat memberikan pengaruh negatif pada metabolisme Anda. Jika Anda makan dengan porsi sangat sedikit atau tidak makan sama sekali, Anda akan memberikan sinyal ke tubuh Anda untuk memperlambat metabolisme. Metabolisme yang melambat akan mengganggu sistem pencernaan Anda, apalagi jika Anda nantinya kembali ke pola makan normal.

  • Rasa lapar meningkat

Ketika Anda membuat diri Anda “kelaparan”, maka tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda sedang benar-benar “kelaparan”. Lalu ketika Anda mulai makan lagi, otak akan mendapatkan sinyal bahwa makanan sudah tersedia dan otak akan memberikan sinyal untuk makan berlebih.

  • Kekurangan nutrisi

Apabila Anda sedang melakukan diet ekstrem, tentu asupan nutrisi Anda menjadi jauh berkurang. Banyak gangguan yang dapat terjadi jika tubuh kekurangan nutrisi, seperti kekurangan mineral yang dapat menyebabkan osteoporosis dan tulang mudah patah, atau kekurangan zat besi yang dapat menyebabkan anemia.

  • Efek pada penampilan

Penurunan berat badan secara ekstrem ternyata juga akan mempengaruhi penampilan Anda. Tidak hanya wajah yang akan terlihat lebih tua, namun rambut Anda juga akan menjadi tipis karena kerontokan rambut. Selain itu, Anda juga akan mengalami bau mulut karena “kelaparan” dapat menyebabkan produksi bakteri berlebih di dalam mulut.

  • Kurang berenergi

Cobalah Anda melakukan diet ini sehari saja, pasti Anda langsung merasakan mudah lesu dan lelah. Tubuh terasa kurang berenergi. Apa penyebabnya? Tentu saja ketika tubuh “kekurangan makanan” sebagai sumber energi, maka Anda akan menjadi lebih mudah lelah, sulit berkonsentrasi dan akibatnya performa kerja juga menurun.

Ingatlah bahwa segala sesuatu yang instan, termasuk diet ekstrem, tidak pernah baik untuk tubuh Anda. Oleh karena itu, sebelum mencoba sembarang diet, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gizi atau nutrisionis.

0 Komentar

Belum ada komentar