Sukses

Ini Akibatnya Jika Anda Kurang Olahraga

Olahraga sudah terbukti memberikan banyak manfaat kesehatan, apalagi jika dilakukan secara rutin. Lalu, bagaimana dampaknya jika Anda kurang berolahraga?

Slim & Fit

KlikDokter.com – Sudah berapa hari atau bahkan bulan Anda tidak berolahraga? Sebagai salah satu aspek penting dalam gaya hidup sehat selain pola makan yang baik, olahraga sering kali tertunda karena berbagai alasan.

Apa saja alasan-alasan tersebut? Tidak punya banyak waktu, tidak suka olahraga, dan masih banyak lagi. Padahal, dengan berolahraga Anda dapat memperbaiki metabolisme tubuh sekaligus memiliki berat badan yang selama ini Anda dambakan.

Berikut adalah hal-hal buruk yang bisa terjadi apabila Anda kurang berolahraga:

  • Obesitas

Pada studi yang dilakukan oleh University of St. Andrews menyebutkan bahwa faktor utama terjadinya obesitas atau kegemukan adalah kurangnya berolahraga. Obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, hipertensi, kanker, stroke, gangguan tidur, radang sendi, gangguan kesuburan dan masih banyak lagi.

  • Pengaruh psikis

Para peneliti dari Arizona State University melaporkan bahwa terdapat hubungan antara olahraga dengan status psikis seseorang. Olahraga dapat berfungsi mengurangi kejadian depresi dan gangguan cemas. Efek ini akan meningkat seiring dengan durasi dan intensitas olahraga.

  • Penuaan

Ingin awet muda? Rajinlah berolahraga! Kurangnya olahraga dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini. Penuaan dini tersebut tidak hanya terlihat pada wajah Anda, tetapi juga mempengaruhi kekuatan otot, tulang dan fungsi otak akan terpengaruh. Jika Anda rutin berolahraga, maka risiko terjadinya osteoporosis dan dementia juga akan menurun.

  • Penurunan fungsi jantung

Kurangnya berolahaga juga dapat menyebabkan penumpukan lemak pada jantung dan pembuluh darah Anda. Penumpukan lemak tersebut dapat masuk ke dalam ruang-ruang jantung dan bisa menyebabkan Anda mengalami serangan jantung atau gagal jantung.

  • Gangguan pencernaan

Kurangnya berolahraga ternyata juga bisa memicu konstipasi atau susah buang air besar. Olahraga dapat memperlancar pencernaan Anda dan membantu tubuh untuk “membuang” sisa kotoran padat. Apabila Anda jarang berolahraga, maka sistem pencernaan Anda juga akan melambat. Selain itu, jika Anda memiliki banyak lemak di dalam tubuh dan sistem pencernaan Anda juga terganggu, risiko Anda mengalami kanker usus besar akan lebih meningkat.

Oleh karena itu, berolahragalah secara rutin untuk menjaga bobot tubuh Anda tetap ideal dan jangan lupa juga untuk banyak mengonsumsi serat!

0 Komentar

Belum ada komentar