Tips Parenting

Asah Kecerdasan Anak Sejak Dini

dr. Kartika Mayasari, 10 Sep 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kecerdasan anak dapat dimaksimalkan melalui pola asuh yang baik dan tepat.

Asah Kecerdasan Anak Sejak Dini

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

KlikDokter.com - Dalam mengembangkan anak untuk menjadi cerdas dan kreatif, diperlukan persiapan dan perlakuan secara tepat. Karenanya, pola asuh sangat penting untuk dilakukan sejak dini.

Selama tahun-tahun prasekolah, hubungan dengan orangtua atau pengasuhnya merupakan dasar bagi perkembangan emosional dan sosial anak. Dengan cara membimbing yang tepat pada masa-masa tersebut, anak diharapkan menjadi individu yang cerdas, kreatif, dan disiplin.

Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda terapkan untuk mengasah kecerdasan dan kreativitas anak Anda sejak dini:

  • Tanamkan kedisiplinan sedini mungkin

Kedisiplinan yang diajarkan sejak dini akan terus tertanam hingga dewasa. Misalnya, keteraturan waktu tidur, menggosok gigi 2 kali sehari dan merapikan tempat tidur setelah bangun pagi.

  • Berikan waktu tidur yang cukup

Tidur merupakan salah satu rangsang bagi tumbuh kembang otak. Saat tidur diproduksi hormon pertumbuhan untuk memulihkan tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh, membangun otot dan jaringan pendukung.

Berikut kiat untuk mengasah kecerdasan anak lainnya, selengkapnya di halaman selanjutnya:

Asah Kecerdasan Anak Sejak Dini

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

Berikut kiat untuk mengasah kecerdasan anak lainnya:

  • Sering membacakan cerita dan bernyanyi

Selain menyenangkan hati, kegiatan ini juga sangat bermanfaat untuk menambah kosakata anak.

  • Belajar lewat permainan

Contoh permainan yang baik untuk perkembangan otak anak adalah puzzle, teka-teki silang, menggambar, bermain musik, ketapel, dan lain sebagainya.

  • Belajar musik

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan pelatihan musik selama 6 bulan saja bisa memberikan pengaruh pada kemampuan kognitif anak.

  • Nutrisi yang baik

Biasakan anak untuk lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah. Untuk itu, orangtua harus pintar-pintar mencari cara dengan memodifikasi makanan yang akan diberikan.

  • Batasi waktu menonton

Menurut para ahli psikologi anak, waktu menonton selama 2 jam per hari sudah terbilang cukup untuk anak. Selalu sertakan bimbingan dari Anda dalam setiap tontonan.   

  • Olahraga

Olahraga secara teratur akan berdampak baik untuk metabolisme tubuh. Nah, metabolisme yang baik akan berpengaruh pada kecerdasan dan anak pun akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Multivitamin AnakAnak Kurang VitaminAnak Sering LemasAnak Mudah SakitCara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh AnakGaya Pola Asuh

Konsultasi Dokter Terkait