Sukses

Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Makanan Ini

Nutrisi yang terpenuhi dengan tepat akan membuat tumbuh kembang anak berjalan sempurna.

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

KlikDokter.com – Tahukah Anda bahwa otak berkembang sejak 8-14 minggu setelah terjadi proses pembuahan? Proses perkembangan otak akan terus berlanjut dengan cepat hingga usia kehamilan trimester akhir. Setelah bayi lahir, otak akan terus berkembang hingga usia 3 tahun.

Perkembangan dan kematangan otak anak antara yang satu dan yang lainnya berbeda-beda, tergantung dari stimulasi yang ada di lingkungan sekitarnya dan juga nutrisi yang diberikan.

Nutrisi dalam makanan tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan anak, tapi juga bermanfaat untuk menstimulasi otak anak.

Seorang anak yang tidak diberikan makanan dengan nutrisi seimbang, maka pertumbuhannya akan terhambat dibandingkan dengan anak seusianya. Selain itu, pemberian nutrisi yang kurang tepat akan menurunkan daya konsentrasi, menurunkan kemampuan anak dalam mempelajari dan menangkap hal-hal baru.

Beberapa nutrisi yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan anak di antaranya, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Makanan Ini

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

Beberapa nutrisi yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan anak di antaranya:

  • Sayuran

Berbagai sayuran yang mengandung vitamin dan mineral dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Sayuran memiliki banyak warna, dan warna sayuran memiliki kandungan antioksidan yang bagus bagi tubuh. Misalnya: paprika merah, wortel, brokoli mengandung betakaroten yang dapat mendukung pertumbuhan otak; tomat mengandung likopen yang berfungsi melindungi selaput otak; bit mengandung antasianid yang mampu melindungi membran otak; dan bayam mengandung lysine yang mampu menambah nafsu makan anak serta vitamin B9 yang dapat meningkatkan daya ingat anak.

  • Buah-buahan

Pilihlah buah-buahan yang mengandung vitamin C dan vitamin E yang tinggi, seperti alpukat dan pisang. Kedua buah tersebut sangat baik untuk perkembangan otak anak.

  • Ikan

Ikan adalah sumber protein yang kaya omega-3, asam lemak DHA, asam lemak EPA yang dapat membantu pertumbuhan otak. Jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh anak di antaranya ikan yang tidak bersisik seperti lele, belut, baung, patin, sembilang, salmon, sarden, dan tuna.

  • Telur dan daging

Telur dan daging juga merupakan sumber protein. Dengan mengonsumsi telur secara teratur, khususnya bagian kuning, dapat meningkatkan daya ingat pada anak. Begitu juga daging, karena daging mengandung tinggi protein, mineral dan zat besi.

  • Susu

Susu merupakan penyempurna pada nutrisi makanan. Susu mengandung banyak protein dan vitamin B yang berfungsi untuk meningkatkan perkembangan otak sekaligus daya ingat.

  • Olahan kacang kedelai

Olahan kacang kedelai seperti tahu, tempe, ataupun susu kedelai memiliki kandungan yang tinggi protein, karbohidrat, vitamin, dan serat. Semua elemen tersebut sangat bagus untuk perkembangan otak anak, apalagi dalam masa emas pertumbuhannya.

0 Komentar

Belum ada komentar