Sukses

Jangan Sepelekan Bahaya Lemak Berlebih

Lemak berlebih tidak hanya dapat menyebabkan obesitas tetapi berbagai masalah kesehatan serius lainnya.

Slim & Fit

KlikDokter.com - Tentu Anda sudah mengetahui bahwa lemak berlebih di dalam tubuh dapat menyebabkan obesitas dan berbagai masalah kesehatan serius, seperti diabetes, hipertensi, kanker, dementia, penyakit jantung, dan lain-lain.

Penyakit-penyakit tersebut tidak hanya perlu ditangani dalam hitungan bulan, namun seumur hidup. Tak hanya berpengaruh pada kesehatan dan aktivitas Anda sehari-hari, tetapi juga kesehatan dompet Anda karena obat-obatan yang dibutuhkan tentu tidak sedikit.

Berdasarkan studi pada The Journal of the American Medical Association tahun 2013 melaporkan bahwa orang yang memiliki kelebihan bobot 15 kg dari berat idealnya, mempunyai risiko kematian lebih tinggi dibandingkan jika orang tersebut berada pada batas berat ideal.

Berikut adalah beberapa kiat untuk memiliki tubuh yang sehat, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Jangan Sepelekan Bahaya Lemak Berlebih

Slim & Fit

Berikut adalah beberapa kiat untuk memiliki tubuh yang sehat:

  • Ketahui indeks massa tubuh (IMT)

IMT Anda diukur berdasarkan tinggi badan dan berat badan Anda. Pengukuran IMT ini akan berguna sebagai tolok ukur lemak tubuh dan risiko penyakit Anda. Anda akan tergolong overweight jika memiliki IMT lebih dari 22.9 dan obesitas jika IMT Anda lebih dari 30. Selain itu, lingkar pinggang juga dapat menjadi tolok ukur kesehatan Anda. Jika lingkar pinggang Anda melebihi 100 cm (pria) dan 85 cm (wanita), segeralah atur strategi untuk menurunkan berat badan Anda.

  • Lupakan sejenak berat badan ideal

Rasanya sedikit tidak realistis jika Anda mengalami obesitas dan dihadapkan dengan tujuan harus menurunkan berat badan bekilo-kilo dalam jangka waktu singkat. Lupakan sejenak berat badan ideal Anda. Penurunan berat badan sekecil apa pun –misalnya 7-10% -- dapat memberikan efek yang besar terhadap metabolisme tubuh Anda. Cobalah lakukan secara bertahap dan permanen.

  • Tidak pernah ada kata terlambat

Seiring dengan peningkatan usia, massa otot Anda juga akan mengalami penurunan. Tentunya hal ini bukan menjadi alasan untuk Anda bermalas-malasan untuk menurunkan berat badan. Anda tetap bisa meningkatkan massa otot dan membakar lemak Anda di usia Anda yang ke-80 tahun, misalnya. Namun pastikan juga agar tidak terlalu memforsir diri dan selalu sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. 

0 Komentar

Belum ada komentar