Sukses

Kiat untuk Mencegah Diabetes Tipe 2

Sebelum terlambat, Anda bisa melakukan pencegahan diabetes tipe 2 sejak dini dan memulai gaya hidup sehat.

KlikDokter.com – Diabetes melitus tipe 2 masih merupakan masalah kesehatan yang penting, khususnya karena komplikasi kronik yang ditimbulkannya. Namun Anda dapat mencegah hal tersebut dengan membuat perubahan pada gaya hidup. Faktor risiko diabetes tipe 2 termasuk peningkatan berat badan, tekanan darah, kolesterol dan trigliserida (lemak darah).

Berikut adalah beberapa kiat untuk membantu Anda mengurangi risiko diabetes tipe 2:

  1. Periksa risiko diabetes. Gunakan kuesioner untuk memeriksa seberapa besar kemungkinan Anda untuk terkena diabetes.
  2. Mengelola berat badan. Kelebihan lemak tubuh, terutama jika disimpan di sekitar perut, dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap hormon insulin (resistensi insulin). Hal ini dapat menyebabkan diabetes tipe 2.
  3. Berolahraga secara teratur selama 3 hari dalam seminggu membantu mengelola berat badan, menurunkan kadar glukosa darah, serta dan menjaga tekanan darah dan kolesterol tetap stabil. 
  4. Mengurangi jumlah lemak dalam diet Anda, terutama lemak jenuh dan lemak trans. Makan lebih banyak buah, sayuran, dan makanan tinggi serat serta mengurangi garam.
  5. Batasi makanan olahan. Makanan yang lezat biasanya tinggi garam, lemak dan kalori. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasak menggunakan bahan-bahan segar, bila memungkinkan.
  6. Batasi asupan alkohol Anda. Terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan kenaikan berat badan serta meningkatkan tekanan dan trigliserida darah.
  7. Berhenti merokok. Perokok dua kali lebih mungkin untuk terkena diabetes ketimbang nonperokok. 
  8. Mengontrol tekanan darah. Anda dapat melakukan hal ini dengan olahraga teratur, diet seimbang, dan dengan menjaga berat badan yang sehat. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu obat yang diresepkan oleh dokter Anda. 
  9. Langkah terakhir adalah secara teratur memeriksa kadar glukosa darah, tekanan darah, dan kolesterol darah.

0 Komentar

Belum ada komentar