Sukses

Kunci Perawatan Kulit Sehari-hari

Untuk menjaga kulit tetap sehat, pahamilah terlebih dahulu cara merawat kulit yang benar.

KlikDokter.com - Perawatan kulit wajah dan tubuh sebetulnya sederhana dan mudah untuk dilakukan. Bergantung pada jenis kulit, perawatan kulit tidak selalu memerlukan perawatan intensif dan berbiaya tinggi. Yang terpenting adalah Anda mengetahui prinsip perawatan kulit, dan menerapkannya secara rutin di rumah atau di manapun Anda berada. Berikut adalah perawatan kulit sehari-hari yang bisa Anda lakukan:

  1. Perlakukan kulit dengan lembut
  • Ketika mandi dan mencuci muka, pilihlah sabun berbahan ringan dan lembut, gunakan sabun yang tidak mengandung pewangi, dan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Ketika melakukan scrubbing, jangan menggosok kulit terlalu keras atau terlalu sering, karena dapat mengiritasi kulit.
  • Hindari mandi terlalu lama, terutama dengan air hangat, agar minyak alami kulit tidak hilang.
  • Selanjutnya keringkan tubuh dengan handuk secara perlahan (jangan menggosok kulit). Kemudian oleskan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bila akan keluar rumah, gunakan pelembap yang mengandung SPF agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari.
  • Jika Anda akan bercukur, oleskan shaving cream atau pelembap sebelumnya. Pastikan mata pisau cukup tajam dan bersih, kemudian cukur rambut searah tumbuhnya rambut. Waktu terbaik untuk bercukur adalah setelah mandi.

Berikut kiat-kiat lainnya untuk menjaga kesehatan kulit, selengkapnya di halaman berikutnya:

1 dari 2 halaman

Kunci Perawatan Kulit Sehari-hari

H2 Health & Happiness

  1. Lindungi diri dari sinar matahari

Paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat memicu terjadinya kerusakan kulit. Untuk itu lakukan perlindungan pada kulit Anda dengan cara berikut

  • Gunakan tabir surya spektrum luas yang memberikan perlindungan terhadap gelombang UVA dan UVB dari sinar matahari. Oleskan ulang bila Anda banyak berkeringat atau terkena air.
  • Hindari paparan sinar matahari pada jam 10 pagi hingga jam 4 sore, di mana radiasi ultraviolet terjadi paling tinggi.
  • Jika akan terpapar sinar matahari, kenakan pakaian yang melindungi kulit seperti pakaian lengan panjang, celana atau rok panjang, atau topi yang lebar. Pakaian bertenun rapat seperti denim memberi perlindungan lebih baik dibandingkan pakaian bertenun longgar.
  1. Pilih produk perawatan kulit yang sesuai

Ketika memilih pelembap atau tabir surya, terutama untuk wajah, pelajari dahulu apa jenis kulit Anda. Untuk kulit berminyak, pilihlah produk yang bersifat oil-free. Untuk kulit yang mudah berjerawat, pilihlah produk yang bersifat non-comedogenic. Dan untuk kulit kering, Anda dapat menggunakan produk berbahan krim yang mengandung emolien. Sementara untuk kulit sensitif, pilihlah bahan yang tidak mengandung pewangi atau alkohol. Untuk hasil terbaik, konsultasikan dahulu dengan dokter kulit Anda mengenai jenis produk yang paling tepat.

Selain teknik perawatan di atas, kebiasaan diet Anda juga berperan penting terhadap kesehatan kulit. Pilihlah jenis makanan yang kaya akan nutrisi dan bergizi seimbang (Baca: 4 Jenis Makanan Untuk Kulit). Serta biasakan diri untuk cukup minum air agar kelembapan kulit terjaga dengan baik. Apabila Anda sedang mengalami masalah pada kulit, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit mengenai cara terbaik untuk merawat kulit Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar