Sukses

Hindari Ini Kalau Tidak Ingin Cepat Keriput

Kulit yang sehat tidak hanya bisa dicapai dengan produk perawatan kulit, tetapi juga asupan makanan Anda.

KlikDokter.com – Demi memiliki kulit yang sehat, sebagian orang sering kali menghabiskan banyak uang untuk membeli produk kecantikan dan perawatan kulit. Padahal yang tak kalah penting adalah apa yang masuk ke dalam tubuh. Asupan makanan yang sehat merupakan kunci dari perawatan kulit.

Maka dari itu, hindarilah mengonsumsi 5 hal berikut dalam jumlah tinggi karena dapat mengurangi keindahan kulit, memicu timbulnya garis keriput, dan membuat Anda tampak lebih tua:

1. Karbohidrat dan Gula

Pada prinsipnya, apa pun yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah juga akan memicu proses peradangan pada tingkat seluler, yang menjadi cikal bakal penyakit seperti kanker, penyakit jantung, hingga kerusakan kulit. Ketika kadar gula naik secara cepat dan terus-menerus, gula tersebut akan menempel dengan protein jaringan seperti kolagen pada kulit, dan terjadilah proses glycation. Akibatnya, jaringan kolagen yang sehat akan kehilangan elastisitasnya, menjadi kaku, rapuh, dan mudah rusak. Kulit juga akan tampak keriput dan kendur.

Oleh karena itu, batasi konsumsi makanan yang tinggi akan karbohidrat seperti nasi putih, mi, tepung, pasta, biskuit; serta asupan tinggi gula seperti permen, cokelat, dan makanan manis lainnya.

2. Minyak

Minyak yang dipanaskan akan berubah menjadi lemak trans, yang dapat berbahaya untuk kulit. Lemak trans mengandung zat radikal bebas yang dapat merusak sel DNA, memicu kanker kulit, dan membuat kulit tampak keriput dan kehilangan elastisitasnya.

Contoh makanan dengan kandungan minyak tinggi adalah makanan yang digoreng atau makanan siap saji.

Berikut hal lainnya yang mencetus penuaan dini, halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Hindari Ini Kalau Tidak Ingin Cepat Keriput

H2 Health & Happiness

3. Alkohol

Konsumsi alkohol tinggi dapat meningkatkan gula darah secara cepat, memicu peradangan sel, dan menghasilkan zat kimia toksik aldehyde dan ketone yang bersifat merusak sel. Alkohol juga membuat tubuh menjadi dehidrasi, sehingga kulit tampak tidak segar.

4. Kafein

Seperti alkohol, kafein dapat memicu dehidrasi pada tubuh. Kafein juga meningkatkan produksi hormon kortisol. Hormon kortisol membantu meregulasi keseimbangan energi, namun pada kulit, level yang tinggi dapat mempercepat proses penuaan.

5. Garam

Konsumsi makanan asin dalam jumlah tinggi menyebabkan tubuh meretensi cairan, sehingga timbul pembengkakan. Pada area dengan kulit tipis seperti di bawah mata, pembengkakan ini mudah terlihat sehingga kulit tampak tidak segar dan tampak lebih tua.

0 Komentar

Belum ada komentar