Kulit

8 Kiat Agar Kulit Segar Sepanjang Hari

dr. Citra Roseno, 06 Sep 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Aktivitas Anda akan terasa lebih menyenangkan untuk dijalani, apabila kulit Anda terasa bersih dan segar.

8 Kiat Agar Kulit Segar Sepanjang Hari

KlikDokter.com - Kulit yang bersih dan tampak segar sepanjang hari merupakan dambaan setiap orang. Namun kulit seperti itu tidak datang dengan sendirinya. Cara Anda merawat dan menjaga kulit dalam keseharian sangat mempengaruhi kelembapan sekaligus kesehatannya. Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang bisa Anda terapkan, agar kulit selalu segar sepanjang hari:

1. Aktivitas fisik dan olahraga

Aktivitas fisik dapat membuat jantung memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh, memperbaiki suasana hati, dan membuat tubuh lebih segar. Akibatnya kulit akan memperoleh cukup suplai darah beroksigen dan tampak berkilau.

Sisihkan waktu untuk berolahraga, dan carilah waktu yang paling nyaman untuk Anda. Bila Anda kesulitan untuk konsisten berolahraga, lakukanlah di pagi hari sebelum mulai beraktivitas. Manfaat dari olahraga akan dirasakan sepanjang hari.

Bila Anda tidak sempat berolahraga, sempatkan waktu untuk berjalan kaki, misalnya ketika waktu istirahat makan siang, saat menuju atau sepulang dari kantor.

2. Perhatikan kebutuhan kulit

Ketika hari mulai siang, perhatikan kulit Anda. Bila jenis kulit Anda kering, selalu bawa pelembab agar kulit Anda dapat selalu terhidrasi dengan baik. Jika kulit tampak kusam, basuh wajah dengan air.

Jika Anda banyak beraktivitas di luar rumah, jangan lupakan tabir surya dengan SPF yang lebih tinggi karena kulit Anda perlu perlindungan ekstra dari sinar ultraviolet matahari. (Baca: Memilih Sunblock Yang Aman)

3. Manjakan kulit

Lakukan ritual perawatan wajah ketika bangun tidur, dan akan pergi tidur. Ritual tersebut tidak perlu menghabiskan waktu lama, yang terpenting adalah mencakup membersihkan dan melembabkan wajah.

Ketika mengoleskan pelembap, lakukan dengan gerakan memijat kulit wajah secara perlahan. Gerakan memijat dapat membantu mengembalikan elastisitas kulit. Untuk menambah sensasi segar di pagi hari, letakkan produk wajah Anda di tempat yang dingin, seperti lemari es. Selalu gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

4. Bersihkan benda yang sering bersentuhan dengan wajah

Ganti handuk dan sarung bantal Anda secara teratur untuk mencegah kontaminasi kulit dari penumpukan kotoran dan minyak. Pilihlah sarung bantal yang bertenun rapat dan halus untuk mengurangi gesekan dengan kulit Anda. Kemudian, rutin bersihkan benda lain yang sering bersentuhan dengan wajah, seperti telepon seluler, kacamata, topi, atau kerudung.

Berikut langkah-langkah lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesegaran kulit, selengkapnya di halaman selanjutnya:

8 Kiat Agar Kulit Segar Sepanjang Hari

H2 Health & Happiness

5. Bijaksana memilih rias wajah

Jika Anda menggunakan rias wajah, gunakan tekstur yang ringan, tahan lama, non-comedogenic, dan sesuai jenis kulit Anda. Perhatikan juga waktu kedaluwarsa produk tersebut.

6. Perhatikan nutrisi

Konsumsi makanan yang buruk dapat berdampak pada kulit, seperti mempengaruhi keseimbangan hormonal, memicu timbulnya jerawat, dan mempercepat atau mengurangi peradangan sel tubuh. Agar kulit tetap sehat, pilihlah makanan dan minuman yang bergizi seimbang, serta memiliki manfaat lebih bagi kulit. (Baca: 6 Jenis Asupan Untuk Kulit Awet Muda)

Dalam menu Anda, tambahkan porsi sayuran atau buah-buahan yang berwarna cerah seperti tomat, wortel, sayuran hijau, paprika, jeruk, apel, dan sebagainya. Semakin cerah warnanya, semakin tinggi kadar vitamin yang terkandung.

Konsumsi teh hijau juga bermanfaat untuk kulit karena tinggi akan antioksidan. (Baca: 5 Khasiat Teh Hijau Bagi Tubuh)

Kemudian, pilih konsumsi karbohidrat yang mengandung indeks glikemik rendah seperti nasi merah dan roti gandum. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat memicu peradangan pada sel kulit dan memicu timbulnya diabetes melitus.

7. Minum air

Air memiliki sejuta manfaat untuk tubuh. Air membantu sel mengeluarkan racun dan sisa metabolisme dari tubuh. Nutrisi yang diperoleh dari asupan sehari-hari juga akan “dibawa” oleh air menuju sel-sel tubuh, termasuk kulit. Bila konsumsi air Anda cukup, kulit akan nampak lembap, segar, dan berkilau. Konsumsi air yang disarankan adalah sekitar 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria, dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita.

8. Jaga kualitas tidur

Tidur yang berkualitas bermanfaat untuk seluruh tubuh. Ketika tidur, sel-sel tubuh beregenerasi dengan mengganti sel yang tua dengan sel baru. Kurangnya waktu tidur dapat membuat Anda menjadi stres, sulit berkonsentrasi, tampak lelah dan lebih tua. Namun tidur terlalu lama juga tidak baik, efek yang timbul pada kulit akibat tidur terlalu lama serupa dengan efek akibat kurang tidur. Lama tidur yang disarankan adalah sekitar 7-9 jam sehari.

Posisi tidur yang terbaik adalah telentang, di mana kulit wajah akan terbebas dari tekanan selama tidur. Hindari tidur dalam satu posisi yang sama seperti menghadap ke samping atau tengkurap, karena dapat mempercepat timbulnya garis-garis kerutan di bagian wajah yang tertekan.

Cara Memutihkan Kulitmenghilangkan nodamemutihkan kulitWajah BersihCantik Sehat

Konsultasi Dokter Terkait