HomeInfo SehatPencernaanObat Alami untuk Kembung
Pencernaan

Obat Alami untuk Kembung

dr. Mega Putri, 05 Sep 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda sedang tidak sempat minum obat sementara maag sudah muncul gejala awalnya? Ada tips dari dr. Mega Putri untuk mengatasi kembung dengan bahan alami di sini.

Obat Alami untuk Kembung

KlikDokter.com – Jika Anda tidak tahu, ada beberapa bahan alami yang bisa menjadi obat kembung dan maag Anda. Berikut adalah beberapa solusi alami yang efektif dan aman untuk mengobati gastritis:

  1. Jahe: Sepotong kecil jahe dapat dikunyah sebelum Anda mengkonsumsi makanan. Hal ini dapat merangsang pencernaan dan juga dapat memperbaiki infeksi gastritis. Sekitar 120gm jahe dikonsumsi empat kali setiap hari selama sekitar delapan minggu dapat membantu dalam menghilangkan bakteri dan mengurangi kekambuhan dari penyakit gastritis.
  2. Tamarind atau asam jawa: Air asam jawa dapat dicampur jintan lalu diminum sebagai obat alami untuk gastritis.
  3. Air kelapa : Air kelapa mengandung banyak mineral dan senyawa yang dapat menenangkan untuk sistem pencernaan. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan radikal beracun dari tubuh. Selain itu, air kelapa juga membantu menjaga suhu tubuh agar tetap normal yang membantu normlisasi fungsi pencernaan tubuh. Oleh karena itu air kelapa baik diminum oleh pasien dengan penyakit gastritis.

Berrikut bahan alami lainnya yang dapat membantu masalah kembung Anda, selengkapnya pada halaman selanjutnya.

Obat Alami untuk Kembung

  1. Yoghurt: Yoghurt sangat bermanfaat dalam mengobati gastritis yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Yoghurt juga membentuk lapisan pelindung pada lambung dan lapisan usus. Konsumsi rutin semangkuk yoghurt setiap hari efektif dalam mengobati gastritis. Ini adalah cara terbaik untuk menyingkirkan masalah gastritis.
  2. Liquorice atau akar manis: Akar manis memiliki sifat antioksidan alami yang dapat membantu dalam pengobatan gastritis. Tambahkan akar manis kedalam secangkir air panas, lalu saring setelah dingin. Minum hingga tiga kali sehari untuk mengobati gastritis secara alami.
  3. Marigold: Marigold merupakan obat alami yang efektif untuk gastritis. Ambil satu atau dua sendok makan ekstrak marigold 2 sampai 3 kali sehari. Hal ini akan memberikan bantuan cepat kepada pasien dengan gastritis.
  4. Jus sayuran: Campur 200 ml jus bayam dengan sekitar 100 ml jus wortel dan minum ini untuk hasil terbaik.
  5. Air: Minum banyak air putih minimal delapan gelas sehari. Air dapat menghilangkan tubuh dari radikal bebas dan racun tubuh yang berbahaya. Hal ini dapat menenangkan lambung dan menjaga suhu tubuh dalam keadaan normal.
Obat Alami Sakit MaagLambung PerihSolusi Masalah PencernaanGERDSakit PerutPromag

Konsultasi Dokter Terkait