Sukses

Kiat Memenuhi Gizi Si Kecil untuk Ibu Bekerja

Janganlah karier atau kegiatan Anda di luar rumah menjadi kendala dalam memperhatikan gizi anak.

KlikDokter.com - Semua ibu, baik yang melakukan pekerjaan lain di luar rumah, atau ibu rumah tangga sama sama memiliki peran besar dalam meningkatkan taraf kesehatan anak-anak mereka.

Asupan nutrisi adalah hal penting yang menentukan kesehatan anak Anda, namun hal ini juga merupakan tantangan utama yang harus dihadapi ibu bekerja. Bukan hanya nutrisi anak yang wajib diperhatikan, tetapi juga cara penyajian makanan dan lain-lain.

Kunci terpenting yang harus diketahui adalah manajemen waktu. Sebagai contoh, pada malam hari sepulang kerja, pukul 20.00 adalah waktu untuk menyiapkan makanan untuk keesokan harinya. Dengan adanya jadwal kegiatan apa saja yang akan ibu lakukan, waktu yang dimiliki ibu akan menjadi lebih efisien, ibu tidak menjadi terlalu lelah, dan Si Kecil tetap terjaga nutrisinya.

Anda juga perlu membuat perencanaan makan. Misalnya dalam waktu seminggu, menu apa saja yang akan ibu siapkan. Sehingga ibu dapat mengawasi apa saja yang dimakan oleh anak dan dapat berbelanja dengan efisien.

Selain hal-hal di atas, berikut adalah beberapa kiat yang dapat dilakukan agar Anda tetap dapat memenuhi gizi Si Kecil selagi bekerja, selengkapnya pada halaman berikut ini:

1 dari 2 halaman

Kiat Memenuhi Gizi Si Kecil untuk Ibu Bekerja

Bayi Sehat Milna

Selain hal-hal di atas, berikut adalah beberapa kiat yang dapat dilakukan agar Anda tetap dapat memenuhi gizi Si Kecil selagi bekerja:

  1. Berikan ASI. Berikan ASI sebelum dan sesudah kerja.
  2. Simpan makanan dengan baik. Anda bisa memasak dalam jumlah banyak dan simpan dalam porsi kecil sehingga bisa dicairkan sesuai porsi makan bayi. Makanan yang disimpan dalam kulkas, bisa dihangatkan dengan cara memanaskannya di atas kompor. Jika Anda ingin menggunakan microwave, masukkan wadah es ke dalam mangkuk kaca atau keramik.
  3. Selalu selipkan buah dan sayuran dalam makanan Si Kecil. Baik itu dalam bentuk makanan padat seperti sayur atau buah potong, maupun bentuk cair seperti jus campuran buah dan sayur.
  4. Siapkan makan malam. Selagi ada waktu, usahakan penyiapan dan pemberian makan malam Anda kerjakan sendiri. Kasih sayang Anda sangat dibutuhkan oleh anak Anda.
  5. Siapkan daftar belanja. Ketika tiba waktunya berbelanja, pastikan daftar belanja Anda mencakup:
    • sumber protein utama seperti telur, ikan, daging sapi, susu, yoghurt, kacang-kacangan, gandum
    • sumber utama kalium, seperti buah-buahan (pisang, jeruk, tomat, pepaya, alpukat), sayuran berdaun hijau (seperti bayam, brokoli, kangkung), susu sapi atau kedelai, kacang-kacangan seperti almon, kedelai, pistachio, dan lainnya.
    • sumber utama serat, seperti sayur mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, gandum dan serealia (nasi, sereal gandum, dan sebagainya)

0 Komentar

Belum ada komentar