Sukses

Cegah Penuaan Dini dengan Makanan

Tahukah Anda, dengan porsi dan penentuan menu yang tepat, Anda tidak hanya mendapatkan manfaat kesehatan, tapi sekaligus membuat Anda terlihat muda dan bahkan memperlambat proses penuaan? Simak info medis dr. Nadia Octavia berikut.

KlikDokter.com – Tahukah Anda, dengan porsi dan penentuan menu yang tepat, Anda tidak hanya mendapatkan manfaat kesehatan, tapi sekaligus membuat Anda terlihat muda dan bahkan memperlambat proses penuaan?

Bahkan beberapa makanan tersebut dapat mencegah penyakit-penyakit degeneratif seperti: Alzheimer, diabetes, serta penyakit jantung.

Berikut diantaranya:

- Buah–buahan dan sayuran

  1. Mengurangi risiko kebutaan di usia 65 tahun atau lebih.
    Sayuran dan buah-buahan seperti: bayam, kembang kol, jagung, jeruk, dan wortel kaya akan vitamin c, zinc dan beta karoten yang baik untuk mata.
  2. Anggur, terutama anggur merah kaya akan antioksidan (resveratrol) yang membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan penuaan dini.
  3. Sayur-sayuran berwarna kuning dan hijau mengandung vitamin C yang berguna untuk peremajaan kulit.

Gandum
Dengan mengkonsumsi gandum yang kaya akan serat dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2. 

- Ikan
Omega 3 yang terkandung pada minyak ikan memiliki fungsi untuk mencegah penuaan. Selain itu ikan juga berguna membantu mengurangi resiko stroke, penyakit jantung dan Alzheimer. Konsumsilah setidaknya 2 kali dalam seminggu.

- Susu
Kalsium dan vitamin D yang terkandung di dalam produk susu sangat penting untuk tulang yang kuat. Dengan mengkonsumsi 2 gelas susu rendah lemak, yoghurt, ataupun produk berbahan dasar susu lainnya setiap hari, maka Anda akan terhindar dari risiko osteoporosis.

- Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung protein nabati yang baik, sebagai alternatif sumber protein lain dari daging merah, untuk mencegah penuaan dan penyakit-penyakit degeneratif.

Agar lebih awet muda, inilah beberapa makanan yang sebaiknya Anda kurangi. Silakan klik next untuk melanjutkan.

1 dari 2 halaman

Cegah Penuaan Dini dengan Makanan

Makanan-makanan yang sebaiknya dikurangi:

  1. Daging merah
    Lemak jenuh yang terkandung pada daging merah dapat beresiko pada penyumbatan pembuluh darah dan berujung pada penyakit jantung.

  2. Gula
    Seperti yang telah kita ketahui, konsumsi gula yang berlebih dapat meningkatkan level glukosa dalam darah dan konsumsi kalori yang berlebih dapat membuat insulin menjadi resisten dan berujung pada penyakit diabetes.

  3. Garam
    Konsumsi garam (sodium) yang berlebih, dapat meningkatkan tekanan darah Anda dan berpotensi pada kerusakan multiorgan, diantaranya: ginjal, mata dan otak. Batasi konsumsi sodium hingga 2400mg per hari, kira-kira setara dengan 1 sendok teh garam dapur. Jika Anda memiliki riwayat hipertensi, maka dianjurkan untuk dikurangi hingga 1500mg/hari.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah: minumlah air putih setidaknya 2 liter/hari, karena dehidrasi akan menyebabkan Anda kekurangan energi dan kulit menjadi kering.

 

BACA JUGA:

13 Makanan Awet Muda

5 Faktor Penyebab Penuaan Dini

Fungsi dari Kolagen

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

0 Komentar

Belum ada komentar