Sukses

Tahukah Kamu Bahwa Polusi dapat Membahayakan Kesehatan Kulit Kita?

Polusi tidak hanya berbahaya pada kesehatan pernapasan manusia, tapi ternyata bisa membahayakan kesehatan kulit! Berikut penjelasan dr. Jessica Florencia selengkapnya di sini.

KlikDokter.com - Kulit berfungsi sebagai pelindung terhadap air, suhu yang ekstrem, sinar matahari dan bahan-bahan kimia. Sebagai bagian tubuh yang paling luar, kulit merupakan salah satu organ yang paling banyak terpengaruh oleh sinar matahari dan polusi udara. Polusi dan polutan dapat menembus kulit, merusak kulit bahkan hingga masuk ke dalam tubuh, dan karena wajah adalah bagian kulit yang jarang tertutup, maka kulit wajah menjadi bagian kulit yang sering terpapar dengan polutan. Polusi dapat menjadi faktor penyebab tidak langsung dan faktor penyebab langsung terhadap kerusakan kulit.

  1. Penyebab Tidak Langsung

Saat ini polusi sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari, terutama bagi yang tinggal di daerah perkotaan. Polusi dapat menyebabkan kerusakan ozon. Ozon yang semakin menipis menyebabkan meningkatnya paparan sinar ultraviolet (UV) terutama Ultraviolet B. Hal ini berkaitan langsung dengan terjadinya kanker kulit.

Selain itu, ada penyebab langsung. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Tahukah Kamu Bahwa Polusi dapat Membahayakan Kesehatan Kulit Kita?

Dove Soap Bar

  1. Penyebab Langsung

Selain itu, udara juga tercemar dengan berbagai polutan seperti asap rokok, gas buangan kendaraan bermotor, debu, dan partikulat lainnya. Bahan-bahan seperti benzena, hidrokarbon dan logam berat yang terdapat dalam asap polusi udara dapat masuk ke dalam kulit dan memicu terjadinya kanker kulit. Polutan ini dapat meningkatkan kadar radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas merupakan molekul yang tidak stabil dan dapat merusak DNA maupun sel. Kondisi tersebut menimbulkan kerusakan jaringan, penuaan, hingga penyakit.

Untuk melindungi kulit dari dampak polusi, ada beberapa langkah yang dapat diambil seperti mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang tinggi akan antioksidan, membersihkan kulit secara teratur, menggunakan sabun atau produk kesehatan kulit yang mengandung pelembap, dan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Melembapkan kulit terutama penting untuk meningkatkan kemampuan pertahanan kulit terhadap bahaya polutan. Membersihkan kulit secara rutin dengan mandi dengan sabun yang mengandung pelembap dapat memberikan efek ganda, yaitu menjaga kulit agar tidak kering dan teriritasi serta memastikan kelembapan kulit tetap terjaga. Dengan demikian kulit selalu siap menghadapi berbagai bahaya lingkungan yang menghadang!

0 Komentar

Belum ada komentar