Sukses

Jangan Sepelekan Mimisan pada Anak, Waspadai Penyebabnya

Bukan hanya karena alergi, tetapi mimisan pada anak ada penyebab lainnya yang perlu Anda waspadai. Apakah itu?

Klikdokter.com, Jakarta Orang tua mana yang tidak panik ketika melihat mimisan pada anak terjadi. Mimisan adalah proses keluarnya darah dari hidung yang disebabkan karena adanya kebocoran di pembuluh darah di dalam hidung. Ini baik yang berada di depan maupun dalam. Adapun beberapa penyebab mimisan pada anak yang perlu Anda waspadai.

Sebelum mengetahui penyebabnya, Anda patut mengetahui kondisi mimisan terlebih dahulu. Mimisan merupakan satu dari kelainan telinga, hidung, dan tenggorok (THT) yang paling sering dijumpai di rumah sakit. Mimisan dapat terjadi pada siapa saja termasuk anak kecil. 

Penyebab mimisan pada anak

Menurut dr. Dejandra Resnaya dari KlikDokter, mimisan merupakan kondisi yang lumrah terjadi pada anak telah memasuki usia sekolah. Meski begitu, penyebab anak mimisan pun perlu diwaspadai karena ini bisa menjadi ada yang salah dengan kondisi kesehatan anak. 

Umumnya, mimisan akan keluar melalui kedua lubang hidung dan banyaknya darah yang keluar akan bervariasi.  Biasanya, darah akan berhenti dengan sendirinya dalam waktu 10 menit atau kurang. 

“Hidung kering merupakan alasan paling umum seorang anak mimisan. Meningkatnya suhu lingkungan sekitar, mampu membuat hidung seorang anak jadi kering dan tidak lembap. Kalau anak banyak beraktivitas di luar sekolah dan di dalam kondisi cuaca yang panas, mimisan pasti akan lebih mungkin terjadi,” ujar dr.Dejandra. 

“Bagian dalam hidung akan jadi mengering dan mengeras, sehingga anak jadi mengorek dan bisa menimbulkan pendarahan,” tambah dr. Dejandra. 

Selain itu, anak yang punya alergi juga biasanya lebih mudah untuk mimisan. Apalagi jika alerginya disertai dengan pilek. Kondisi ini dapat menimbulkan hidung mampet yang cukup mengganggu. 

Tidak sedikit anak yang berusaha untuk mengeluarkan kotoran dan lendir secara paksa. Ketika anak melakukan hal ini, pembuluh darah kecil yang ada di dalam hidung bisa pecah dan menimbulkan pendarahan.

1 dari 2 halaman

Kapan anak yang mimisan harus dibawa ke dokter

Penyebab mimisan lainnya adalah adanya benturan keras di bagian hidung anak. Dokter Dejandra mengimbau jika anak mengalami mimisan akibat benturan, maka harus segera dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa. Siapa tahu adamemar atau patah tulang pada hidung anak. 

“Jika mimisan terus terjadi dalam kurun waktu yang lama dan menimbulkan rasa sakit yang parah, maka Anda harus segera membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Ini berguna untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” jelas dr. Dejandra. 

Selain itu, mimisan pada anak terkadang juga disebabkan adanya pertumbuhan tidak normal di bagian hidung. Mimisan juga bisa disebabkan oleh benjolan, seperti polip, lesi dan tumor juga bisa buat hidung anak jadi terus mimisan. 

“Kemungkinan penyebab lain dari mimisan adalah pendarahan yang tidak berasal dari hidung, tetapi darah mengalir melalui hidung. Misalnya, pada tumor nasofaring, tumor laring, hemoptysis, varises esophagus, dan pendarahan dasar otak yang mengalir melalui sinus,” tambahnya. 

Perlu untuk diketahui pula, adanya penyakit sistemik pada tubuh anak juga bisa menyebabkan mimisan secara tidak langsung. Beberapa penyakit yang bisa menimbulkan mimisan, seperti infeksi akut, flu, cacar, campak, tidus, kelainan pada pembuluh darah, kelainan darah seperti anemia, leukimia, dan gagal ginjal. 

Mimisan ringan mungkin tidak menimbulkan efek berbahaya bagi anak. Namun, mimisan yang lebih berat membutuhkan tata laksana yang cepat dan tepat. Anak-anak memiliki volume cairan tubuh lebih sedikit daripada orang dewasa sehingga kehilangan darah yang terlihat hanya sedikit dapat berbahaya bagi anak.

Segera bawa ke dokter apabila mimisan pada anak tidak kunjung berhenti dalam kurun waktu 10 sampai 15 menit. Jika anak sering mengalami mimisan dan sulit untuk berhenti, segera hubungi dokter anak untuk menjalankan pemeriksaan lebih lanjut. 

[RPA/AYU]

1 Komentar

  • Suryani Wen

    hai dok, mau tanya ank sy sering mimisan tp gak gitu sering, klo dia ngupil, kecapekan, buang ingus terlalu kencang dia bisa mimisan punya dok