Sukses

Cara Menjaga Agar Tulang Kuat dan Sehat

Tulang kuat adalah cerminan tubuh yang kuat dan sehat juga.

KlikDokter.com – Tulang merupakan jaringan yang hidup sangat dinamis. Selama masa kanak-kanak dan remaja, tubuh Anda membentuk jaringan tulang lebih cepat daripada resorpsinya. Ketika Anda berusia 18-20 tahun, Anda telah membentuk 90% tulang Anda. Pertumbuhan tulang akan terus berlangsung hingga Anda memasuki usia 30 tahun, yang dikenal dengan “masa puncak pertumbuhan tulang”. Setelah berusia 30 tahun, laju pertumbuhan tulang akan melambat sedangkan laju resorpsinya akan mulai meningkat.

Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi kepadatan tulang Anda seperti faktor genetika, jenis kelamin, usia, dan ras. Dengan berolahraga dan mencukupi kebutuhan nutrisi, maka Anda dapat melindungi tulang dan menurunkan risiko osteoporosis.

Jika Anda ingin memiliki tulang yang kuat, Anda membutuhkan tiga elemen penting yaitu kalsium, protein, dan vitamin D. Sebagian besar tulang dibentuk oleh protein (kolagen) yang terhubung oleh kalsium dan berbagai mineral lainnya. Vitamin D membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh Anda dan membentuk tulang yang kuat.

Pada tahun 2010, the Institute of Medicine merilis pedoman baru mengenai jumlah kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan seseorang. Sebagian besar orang dewasa memerlukan 600-800 IU vitamin D setiap hari, dan 1.000-1.300 mg kalsium setiap hari. Dosis yang lebih tinggi direkomendasikan pada wanita yang telah memasuki masa menopause, remaja, wanita hamil, dan menyusui.

Olahraga juga sangat penting bagi kekuatan dan kesehatan tulang Anda. Orang yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik, misalnya orang yang harus berbaring terus di ranjang dapat kehilangan 10% kepadatan tulangnya hanya dalam waktu 4 bulan, dan dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengembalikan kepadatan tulang.

Aktivitas fisik yang menggunakan beban tubuh seperti jogging, tenis atau naik tangga dapat membantu Anda untuk membentuk tulang yang kuat.

Untuk menjaga kesehatan tulang, hindari juga rokok dan alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis, karena alkohol dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat mengonsumsi Osteopor, suplemen makanan yang dapat memelihara kesehatan massa tulang. Osteopor mengandung kalsium, soy isoflavone, vitamin D3, magnesium, dan seng. Kelima elemen tersebut dapat mengurangi efek samping menopause, menstimulasi pertumbuhan tulang, serta meningkatkan absorpsi kalsium dari usus ke dalam darah. Dosis untuk dewasa sebanyak 1 kapsul per hari.  

0 Komentar

Belum ada komentar