Sukses

Mencegah Tulang Keropos pada Usia Muda

Hati-hati, tulang keropos bisa terjadi sejak masih muda! Apa yang harus dilakukan untuk mencegah hal tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

KlikDokter.com – Tidak hanya orang usia lanjut, mereka yang terbilang masih muda juga bisa terkena osteroporosis. Osteoporosis sering dijuluki sebagai “silent thief” atau juga “silent disease”, karena tidak memiliki gejala yang nyata sampai sudah mencapai tahap lanjut, bahkan gambaran radiologis baru jelas bila penurunan kepadatan tulang sudah lebih dari 30%.

Lalu, bagaimana kita bisa mengetahui apakah kita mengalami osteoporosis? Anda harus waspada apabila terdapat gejala sebagai berikut:

  1. Patah tulang akibat trauma ringan
  2. Tubuh makin pendek atau postur tubuh makin membungkuk
  3. Nyeri punggung

Patah tulang yang terjadi dapat di lokasi mana saja, tetapi yang paling sering adalah lokasi tulang belakang, tulang pangkal paha, dan tulang pergelangan tangan.

Apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut di atas, maka tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah tulang. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan klinis lengkap untuk memastikan apakah Anda mengalami osteoporosis.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa mencegah terjadinya tulang keropos, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Mencegah Tulang Keropos pada Usia Muda

Osteopor

Berikut adalah beberapa hal yang bisa mencegah terjadinya tulang keropos:

  1. Cukupi kalsium dan vitamin D

Mengonsumsi cukup kalsium dan vitamin D adalah salah satu langkah pertama untuk mencegah atau mengurangi efek dari osteoporosis. Vitamin D membantu tubuh Anda menyerap kalsium. Kalsium ditemukan dalam banyak makanan, termasuk produk susu seperti susu, keju dan yoghurt.

  1. Konsumsi suplemen

Jika Anda merasa kurang kalsium dan vitamin D dari menu makan sehari-hari, Anda dapat mencukupinya dengan mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D. Namun, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda sebelum mengonsumsinya. Para ahli merekomendasikan untuk memilih suplemen dari nama-nama mereknya yang sudah dikenal, serta terbukti kebenarannya.

  1. Jangan merokok

Merokok mengurangi kepadatan tulang dan mempercepat pengeroposan tulang. Jadi, berhentilah merokok sedikit demi sedikit jika Anda memang sudah kecanduan.

  1. Berolahraga teratur

Latihan menahan beban seperti berjalan, jogging, naik tangga, menari, atau angkat berat, aerobik, dan latihan ketahanan (menggunakan beban atau karet gelang untuk membantu meningkatkan kekuatan otot) sangat efektif dalam meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

  1. Batasi alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebih dapat meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis karena alkohol dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Oleh karena itu, minumlah air putih untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

0 Komentar

Belum ada komentar