Sukses

Bagaimana Osteoporosis Terjadi?

Berikut ini penjelasan dr. Aldico Sapardan, Sp.OT mengenai bagaimana osteoporosis terjadi yang wajib Anda tahu di sini.

KlikDokter.com - Osteoporosis adalah sebuah kelainan yang menyebabkan penurunan kekuatan tulang sehingga tulang menjadi lemah dan rapuh, dan berisiko menyebabkan patah tulang.

Sebelum terjadinya patah tulang, biasanya tidak terdapat keluhan ataupun gejala pada pasien. Tulang dapat menjadi lemah hingga derajat tertentu sehingga patah tulang dapat terjadi walau hanya dengan tekanan ringan (minor stress) atau spontan.

Adapun tulang yang sering patah adalah tulang belakang, tulang lengan dan tulang persendian pinggul.

Osteoporosis dapat terjadi akibat beberapa penyakit atau pengobatan seperti:

  1. Kondisi ketergantungan alkoholis
  2. Penyakit anoreksia,
  3. Penyakit hipertiroidisme,
  4. Kondisi pasca operasi pengangkatan ovarium, dan
  5. Kelainan ginjal.

Beberapa hal penting seputar osteoporosis lainnya yang perlu Anda ketahui di sini, halaman selanjutnya selengkapnya:

1 dari 2 halaman

Bagaimana Osteoporosis Terjadi?

Osteopor

Beberapa pengobatan meningkatkan terjadinya ‘bone loss’ seperti obat-obatan anti kejang, kemoterapi, proton pump inhibitor dan steroid.

Selain itu, faktor gaya hidup juga memicu, antara lain kurangnya aktivitas olahraga dan merokok yang merupakan faktor risiko.

Faktor risiko lain yang menyebabkan osteoporosis adalah kurangnya asupan kalsium dan vitamin D. orang dewasa membutuhkan asupan kalsium 1.000 mg per hari, dimana kebutuhan tersebut meningkat hingga 1.300 mg per hari untuk wanita berusia diatas 50 tahun dan pria berusia diatas 70 tahun.  Kekurangan pancaran sinar matahari dapat berarti kekurangan vitamin D yang dibutuhkan untuk absorbsi kalsium.

Sekilas Mencegah Osteoporosis

Pencegahan osteoporosis termasuk diet yang sesuai pada saat usia muda dan usaha untuk menghindari obat-obatan yang dapat menyebabkan osteoporosis. Usaha pencegahan terjadinya patah tulang pada orang dengan osteoporosis termasuk diet yang baik, rajin berolahraga dan menghindari jatuh. Modifikasi gaya hidup seperti berhenti merokok dan konsumsi minuman beralkohol juga dapat membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar